News
·
8 Desember 2020 12:45

96 Orang Napi akan Mencoblos di Lapas Kerobokan, Jerinx Tak Termasuk

Konten ini diproduksi oleh Kanal Bali
96 Orang Napi akan Mencoblos di Lapas Kerobokan, Jerinx Tak Termasuk (123746)
Jerinx saat masih dalam persidangan di PN Denpasar, Bali - IST
DENPASAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) merilis Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Lapas Kerobokan, Badung, Bali, sebanyak 96 orang. Dari daftar itu, tak ada nama terpidana I Gede Ari Astina alias Jerinx yang baru dipindahkan dari Rutan Polda Bali ke Lapas Kelas II A Kerobokan.
ADVERTISEMENT
"Yang terdaftar di DPT Pilkada Badung 2020 itu kan yang hanya ber KTP Badung saja, jadi mungkin beliau bukan ber-KTP Badung," kata Ketua KPU Kabupaten Badung, I Wayan Semara Cipta, Senin (8/12/2020).
Jika Jerinx ber KTP Badung, Semara meyakini, DPT yang ada akan ada pembaruan dan pasti akan ada koordinasi dengan pihak Lapas."Makanya ini yang perlu dicari tahu dulu, yang bersangkutan (Jerinx) ber KTP Badung atau tidak, yang jelas, yang sudah terdaftar di DPT itu sudah berKTP Badung," tuturnya.
"Ini sama saja, kalau misalnya ada orang yang ber KTP Denpasar ditahan di Lapas Kerobokan, itu menjadi wewenang KPU Denpasar. Dan kalau misalnya orang ber KTP dari daerah yang tidak menggelar Pilkada, berarti dia tidak memilih, kan begitu," katanya yang akrab disapa Kayun itu.
96 Orang Napi akan Mencoblos di Lapas Kerobokan, Jerinx Tak Termasuk (123747)
Ketua KPU Kabupaten Badung, I Wayan Semara Cipta - IST
Meski hanya tercatat 96 orang saja yang punya hak suara, pihak KPPS sendiri, akan tetap membawa surat suara lebih dari DPT yang ada. Hal itu dalam rangka mengantisipasi adanya penambahan dan pengurangan jumlah narapidana yang ada di Lapas Kerobokan. Jumlah surat suara lebih yang akan dibawa yakni sebanyak 2,5% dari jumlah DPT.
ADVERTISEMENT
"Data DPT itu bisa saja berubah, itu kan data pertanggal 16 Oktober, mungkin saja sudah ada yang keluar dan masuk, Makanya besok KPPS yang ada di Lapas itu melayani yang terdaftar sebanyak 96 surat suara + 2,5 % dari surat surat suara itu. Jadi kalaupun seandainya ada penambahan itu paling kita akan tambah sekitar 3 lembar surat suara," tuturnya.
Dikonfirmasi terpisah, Tim kuasa hukum I Gede Ari Astina alias Jerinx SID yakni I Wayan Gendo Suardana mengungkapkan bahwa Jerinx tak beralamat di Badung. Dalam KTP resmi, Drummer SID itu ber-KTP Gianyar. Artinya, Jerinx tak akan ambil bagian dalam Pilkada Karena Kabupaten Gianyar tak melangsungkan Pilkada. "Alamat di KTP di Gianyar," singkatnya. (Kanalbali/ACH)
ADVERTISEMENT

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white