kumparan
8 Mar 2019 15:19 WIB

Atasi Kemacetan, Polisi Gembosi Mobil Parkir Sembarangan di Ubud

Parkir sembarangan di Ubud bisa digembosi bannya oleh polisi (kanalbali/KR11)
GIANYAR, kanalbali.com - Personil Polsek Ubud kini menerapkan sanksi penggembosan ban kendaraan bagi roda empat dan kendaraan roda dua. Sanksi ini diberikan kepada kendaraan yang parkir sembarangan titik larangan parkir.
ADVERTISEMENT
"Dalam sepekan ini didapati rata-rata15 pelanggar yang parkir di area larangan," kata Kapolsek Ubud, Kompol Nyoman Nuryana yang juga mantan Kasatlantas Polresta Denpasar, Jum'at (8/3).
Sejumlah personil Polsek Ubud menyisir kendaraan yang parkir di bahu jalan. Penyisiran dimulai dari Jalan Raya Banjar Ambengan, Desa Peliatan, hingga ke Catus Pata (perempatan) Ubud. Beberapa kendaraan roda empat nampak digembosi oleh personel polisi. Sedangkan kendaraan roda dua yang kedapatan melanggar, langsung dinaikkan pada kendaraan pick up dan diangkut ke Mapolsek Ubud.
Penyisiran kendaraan yang melanggar di area parkir ini membuat sejumlah warga panik. Beberapa warga berusaha menyelamatkan kendaraannya dan meninggalkan area parkir. Walau demikian, aksi yang dilakukan petugas kepolisian juga mendapat dukungan dari warga, “Tangkap saja kendaraan itu, kendaraan itu parkir abadi disana, angkut saja pak,” ujar warga kepada polisi.
ADVERTISEMENT
Menurut Kapolsek Ubud, Kompol Nuryana, selama dirinya menjabat sebagai Kapolsek Ubud, dirinya akan benar-benar membersihkan lalulintas di daerah wisata Ubud bagi pelanggar lalulintas, utamanya bagi pelanggar parkir. “Setiap pelanggar kami berikan sanksi, baik penggembosan ban, diangkut ke Mapolsek untuk roda dua dan tilang ditempat,” tegas Kompol Nuryana.
Bahkan dirinya meyakinkan, bahwa aksi penertiban parkir tersebut bukan kegiatan hangat-hangan tahu ayam. “Buktinya, tadi. Roda empat yang melanggar bannya digembosi, kendaraan roda dua kami angkut, dan ini bukan hari ini saja, wilayah lain juga kami akan tertibkan,” tegasnya lagi.
Dikatakannya, sosialisasi larangan parkir tersebut sudah dilakukan agar wilayah Ubud bebas dari kemacetan. “Kita tahu, ruas jalan yang tersedia tidak sebanding dengan volume kendaraan. Salah satu cara adalah penertiban parkir liar,” terangnya. (kanalbali/KR11)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·