Pencarian populer

Blayag Buleleng, Kuliner Khas Dari Bali Utara

SINGARAJA, kanalbali.com --- Selain Siobak, satu lagi kuliner legend yang sangat khas dari Buleleng yaitu Blayag. Makanan yang berbahan dasar beras ini begitu familiar bahkan hingga ke luar Bali.

Blayag sendiri memiliki citarasa berbeda tergantung sang koki, sebab masing-masing koki memiliki bumbu rahasia tersendiri tapi, walaupun citarasa yang berbeda satu hal yang menjadi ciri adalah bentuk dan bumbunya.

Blayag sendiri berbentuk ketupat (tipat dalam bahasa Bali) memanjang kurang lebih panjangnya selebar telapak tangan orang dewasa, sedangkan bumbunya bernama base dodok yang terbuat dari olahan aneka rempah-rempah yang dicampur dengan tepung beras dan berwarna kuninga setelah proses pengolahan selesai.

BACA JUGA : 
EDST, Band Singaraja Coba Lebih Berani
Siobak, Akulturasi Budaya Kuliner Cina dari Singaraja

\Satu porsi tipat blayag biasanya berisi dua biji (bisa diatur sesui permintaan) dan diatasnya biasanya akan ditaburi sayur urab khas Bali lalu barulah ditaburi dengan base dodok dan toping tambahan yakni sambal cicang dengan taburan kacang kedele goreng.

Satu porsi blayag biasanya rata-rata dibandrol dengan harga Rp 12 ribu saja. Tidak perlu khawatir jika kalian tak sempat datang ke Singaraja, sebab hampir di seluruh wilayah Bali ada yang menjual kuliner ini. (kanalbali/GAN)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: