kumparan
search-gray
News27 Mei 2020 12:44

Gempabumi 4,4 SR Guncang Buleleng, Bali

Konten Redaksi Kanal Bali
Gempabumi 4,4 SR Guncang Buleleng, Bali  (582686)
IST
Warga di Buleleng, pada Rabu (27/5/ 2020) sekitar pukul 11.52 WITA merasakan guncangan gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,4.
ADVERTISEMENT
" Episenter terletak pada koordinat 8,23 LS dan 114,95 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 20 km barat daya Buleleng, Bali pada kedalaman 10 km," jelas Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar , Taufik Gunawan.
Gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar seririt. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme naik dengan kombinasi geser.
Gempabumi 4,4 SR Guncang Buleleng, Bali  (582687)
Akibat dari gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Buleleng III MMI dimana getaran dirasakan nyata dalam rumah,seakan-akan ada truk berlalu. Getaran juga dirasakan di Denpasar, Badung, dan Tabanan II MMI yang artinya dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.
ADVERTISEMENT
"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," jelasnya. Hingga pukul 12.15 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. Pihak BMKG menghimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. ( kanalbali/RLS)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white