kumparan
20 Sep 2019 13:51 WIB

HPI : Moratorium Turis ke Nusa Penida untuk Penataan ke Depan

Devil tears di Nusa Penida yang banyak menelan korban turis asing (dok.kanalbali)
DENPASAR, kanalbali - Ketua HPI (Himpunan Pramuwisata )Bali, I Nyoman Nuarta menegaskan, usulannya untuk melakukan moratorium pariwisata di Nusa Penida adalah untuk kebaikan destinasi itu ke depannya.
ADVERTISEMENT
" Kami secara kelembagaan mendukung penuh Bupati Klungkung untuk mengembangkan pariwisata di ketiga pulau di Nusa Penida, " katanya saat dihubungi, Jum'at (20/9).
"Moratorium untuk kawasan Nusa itu bertujuan untuk membantu Bupati Klungkung dalam membenahi tata kelola pariwisata yangg berada di tiga kawasan Nusa yaitu Nusa Lembongan, Nusa Ceningan, dan Nusa Penida" ungkapnya.
Menurutnya, usulan moratorium ini juga dilatar belakangi oleh beberapa faktor. Beberapa diantaranya yaitu kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menyambut wisatawan yang datang, infrastruktur pendukung dan pemahaman mengenai pengamanan di laut oleh Balawista, serta jalannya penegakan hukum.
Ia menegaskan, jangan sampai dengan banyaknya tamu yang kesana justru menjadikan nama tiga tempat di Nusa ini tercoreng akibat ketidaksiapan para steakholder yang ada. "Kasihan energi bapak Bupati Klungkung yang sudah banyak mempromosikan tempat ini malah berdampak buruk akibat dari sering adanya peristiwa terjadi" tegasnya.
ADVERTISEMENT
"Selain itu, kita juga harus tahu apakah perusahaan yang bergerak di bidang ini sudah punya izin atau belum, terlebih lagi bagaimana tentang asuransi apabila ada tamu yang terkena musibah" ungkapnya.
Menanggapi ajakan untuk berdialog dengan para penggiat pariwisata di Nusa Penida, Nyoman Nuarta menyatakan setuju dengan upaya tersebut. "Mari kita bicarakan supaya ada jalan keluar yang baik untuk semuanya," ujarnya. (kanalbali/KR2)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan