kumparan
17 Sep 2019 16:08 WIB

Kominfo Antisipasi Dampak Game Online pada Anak-anak

ilustrasi : salah-satu jenis games online (dok.kumparan)
GIANYAR, kanalbali - Di tahun 2020 mendatang, Kementerian Kominfo memprediksi pengguna game online mencapai 100 juta pengguna. Pengguna game ini didominasi kalangan muda, khususnya anak-anak sekolah.
ADVERTISEMENT
Kondisi ini mendapat perhatian dan untuk mengantisipasi, Kemenkominfo menggelar Sosialisasi Indonesia Game Rating System (IGRS) di Gianyar. Acara Sosialisasi Selasa (17/9) diberikan kepada orang tua siswa dan para guru, agar bisa mengarahkan anak didik atau putra-putrinya membatasi anak-anak bermain game.
Narasumber yang dihadirkan, Dirgantara Manurung dari Kementerian Kominfo dengan materi IGRS Regulasi Klasifikasi Video Game, Khemal Andrias dengan materi akibat buruk bermain game dan narasumber dari Gianyar.
Direktur Ekonomi Digital, Kementerian Kominfo, I Nyoman Adhiarna menyebut pertumbuhan internet berkembang sangat pesat, juga berdampak pada semakin banyaknya generasi muda yang bermain game.
“Saat ini pengguna game di Indonesia mencapai 60 juta pengguna, pemerintah perlu melakukan pengaturan karena ada dampak,” beber Adhiarna. Bahkan rata-rata pengguna game mencapai 4 jam per hari, yang nantinya akan bertambah lama rentang waktunya. Ditambahkan, semua sepakat bahwa game berdampak negatif, namun dampak positifnya bisa meningkatkan kreativitas.
ADVERTISEMENT
Ke depannya, pemerintah akan mengatur tentang rating system dari permainan game itu sendiri. Hal ini sebagai panduan orang tua, guru serta para game lover dalam menentukan konten suatu game berdasarkan usia penggunanya. “Kita sosialisasikan kepada masyarakat untuk mengetahui konten-konten permainan berdasarkan usia penggunanya,” jelas Adhiarna.
Disamping itu, menurutnya, Kementerian Kominfo mendorong tumbuhnya aplikasi-aplikasi game-game lokal Indonesia sehingga mampu menciptakan lapangan-lapangan pekerjaan baru dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. (kanalbali/KR6)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan