kumparan
8 Feb 2019 16:42 WIB

KUR di Denpasar Diarahkan untuk Anak Muda Kreatif

Kadis Koperasi UMKM Denpasar Erwin Suryadharma (kanalbali/RLS)
DENPASAR, kanalbali.com - Pengembangan ekonomi khususnya dalam bidang industri kreatif di Kota Denpasar menjadi salah satu fokus utama Pemerintah Kota Denpasar.
ADVERTISEMENT
“Ini menjadi alasan mengapa serapan KUR (Kredit Usaha Rakyat) pada saat ini akan difokuskan ke pelaku UMKM khususnya bagi anak-anak muda kreatif,” kata Kepala Dinas, Koperasi Usaha Kecil & Menengah Pemerintah Kota Denpasar, Made Erwin Suryadarma Sena
Adapun plafon penyaluran KUR tahun 2019 sebesar Rp 140 Triliun. Bunganya tetap 7%, pertimbangan komite tersebut melihat pertumbuhan ekonomi 2018 yang diperkirakan mencapai 5,2%.
Kemudian pertumbuhan kredit UMKM sebesar 8,48% serta ingkat inflasi sampai dengan September 2018 yang masih terjaga di tingkat 2,88%.
Menurut Erwin, Saat ini, total realisasi KUR sampai dengan 30 November 2018 sebesar Rp118 triliun (95,7%) dari target tahun 2018 sebesar Rp123,801 triliun.
ADVERTISEMENT
“Capaian ini tentu sudah cukup baik, tinggal terus digencarkan, karena tujuan kami tidak hanya serapan yang tinggi, namun juga ketepatan sasaran penyerapan, terlebih anak-anak muda terus kami dorong agar tidak takut memulai usaha, karena sudah ada KUR,” ungkapnya.
Sementara Kasi Pembinaan Pariwisata, Dewi Diana dalam kesempatan tersebut mengatakan upaya-upaya dalam merangkul komunitas-komunitas anak muda kreatif yang memiliki usaha diberbagai bidang terus dilakukan.
“Dalam waktu dekat kami menggelar acara kumpul komunitas yang diikuti 60 komunitas, tentunya ini momentum yang baik dalam mensosialisasikan KUR, sehingga mereka juga akan lebih semangat lagi dalam menjalankan usahanya,” ungkapnya. (kanalbali/RLS)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan