Food & Travel
·
3 April 2021 11:22

Long Weekend, Wisatawan Ke Nusa Penida Lewat Sanur Meningkat

Konten ini diproduksi oleh Kanal Bali
Long Weekend, Wisatawan Ke Nusa Penida Lewat Sanur Meningkat (75249)
Wisatawan saat menunggu penyeberangan di pantai Sanur - ACH
Jumlah kunjungan wisatawan ke Nusa Penida Bali meningkat selama libur panjang atau long weekend. Peningkatan itu bisa dilihat dari jumlah armada kapal yang beroperasi melalui Pelabuhan Penyeberangan Sanur menuju Nusa Penida.
ADVERTISEMENT
"Selama masa pandemikan pergerakan kapal itu kan biasanya 5-6 kapal, tapi saat long weekend selama dua hari ini ada penambahan 3-4 armada," kata Kepala Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Benoa Kantor Wilayah Kerja Sanur, I Ketut Suratnata Putra saat ditemui di Sanur, Sabtu (3/4/2021).
Suratnata menuturkan, kunjungan wisatawan ke Nusa Penida melalui Pelabuhan penyebarangan Sanur masih didominasi oleh wisatawan domestik. Mayoritas dari meraka, memilih untuk bermalam di Nusa Penida.
Long Weekend, Wisatawan Ke Nusa Penida Lewat Sanur Meningkat (75250)
"Masih didominasi wisatawan lokal, dan ada beberapa WNA yang sudah lama tinggal di Indonesia atau Bali. Tujuannya ya masih ke Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan meraka kebanyakan bermalam disana," kata dia.
Jika dihitung berdasarkan jumlah orang sesuai dengan kapasitas kapal, Suratnata menyampaikan orang yang pergi ke Nusa Penida melalui Pelabuhan Sanur berkisar di angka 1.000 orang dalam sehari sejak long weekend ini.
ADVERTISEMENT
"Karena kan satu kapal itu sekitar 60-70 orang, kan memang harus ada pembatasan jumlah penumpang ditengah pandemi COVID-19, jadi harus tetap jaga jarak, dan diatur oleh petugas kapal. Jadi ada sekitar 1.000 orang lah penumpang, karena juga ada 2 kapal yang jalan dua kali, jadi dari 10 kapal itu ada dua perjalanan," jelasnya.
Ia mempresdiksi, peningkatan kunjungan wisatawan itu akan berakhir pada Minggu (4/4) besok. "Mungkin hanya sampai besok ya, minggu. Dan arus balik dari Nusa Penida Sampai besok, setelah itu akan biasa lagi," terangnya. (Kanalbali/ACH)