News
·
22 September 2020 11:49

Pengacara Jerinx Harapkan MA Kabulkan Sidang Offline

Konten ini diproduksi oleh Kanal Bali
Pengacara Jerinx Harapkan MA Kabulkan Sidang Offline (24186)
Pengacara Jerinx, Sugeng Teguh Santoso bersama tim usai sidang Jerinx - ACH
Tim pengacara terdakwa kasus pencemaran nama baik dan ujaran kebencian I Gede Ari Astina alias Jerinx mengirimkan surat kepada Mahkamah Agung (MA). Mereka berharap MA akan mengabulkan permohonan persidangan offline.
ADVERTISEMENT
"Persidangan offline dimasa pandemi COVID-19 sesuai dengan Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) No. 1 2020. Karena dikatakan, pada masa pandemi harus ditetapkan protokol COVID-19 dalam persidangan. Artinya kan sidang biasa," tegasnya Pengacara Jerinx, Sugeng Teguh Santoso, Selasa (22/9).
"Hanya apabila perlu dapat dilakukan sidang online, sidang online itu bukan wajib, tetapi Fakultatif," katanya."Yang terjadi ini kan sekarang dibalik, yang bukan wajib menjadi wajib, yang menjadi hak dikurangi," tegasnya.
"Dan ini yang kami desak, kita bersurat ke majelis hakim, dan majelis hakimnya menolak. Oleh karena itu kami meminta kepada regulatornya yaitu MA, kami meminta agar SEMA itu diterapkan di sidang ini," lanjutnya.
Sugeng menuturkan, maksud dan tujuan timnya berusaha agar sidang offline dilakukan tentu untuk menemukan keadilan yang hakiki baik untuk pelapor, terdakwa dan masyarakat secara luas. Sebab, kata Sugeng, proses pembuktian dalam sidang pidana itu sangat kritis dan membutuhkan presesi yang baik.
ADVERTISEMENT
"Suratnya kami kirim hari Jum'at dan hari senin kemarin, mungkin balasannya sekitar seminggu atau dua minggu kemudian," kata Pengacara Jerinx lainnya, Wayan Gendo Saurdana.
Terkait dengan kemungkinan masih akan dilakukan sidang online pada persidangan berikutnya, Gendo mengaku masih akan melihat perkembangan yang terjadi. "Sepanjang masih surat menyurat masih bisa kita tolerir, tapi gatau nanti kalau pembuktian," jelasnya.
Meski begitu, tim penasehat hukum menila, jalannya sidang yang digelar hari ini berjalan dengan baik. "Sidang hari ini baik sekali, Majelis hakim memimpin dengan baik, kami juga mengikuti dengan baik," tutur Sugeng melanjutkan penyataan Gendo. (Kanalbali/ACH)