kumparan
KONTEN PUBLISHER
15 Januari 2019 13:41

Penyelundupan 5 Ton Ikan di Gilimanuk Digagalkan

Petugas melakukan pemeriksaan ikan segar yang diseundupkan di Gilimanuk, Selasa (15/1) - kanalbali/KR6
JEMBRANA, kanalbai.com - Polsek Kawasan Laut Gilimanuk bersama Kantor Karantina Wilayah Kerja Gilimanuk menggagalkan penyelundupan lima ton ikan di pintu masuk Bali. Penanggungjawab Kantor Karantina Wilayah Kerja Gilimanuk, Wayan Diana, Saputra, mengatakan ikan tersebut jenis semar dan blo.
ADVERTISEMENT
Ikan itu, kata Wayan Diana, diangkut dari Tuban, Jawa Timur, menuju Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jembrana, Bali, dengan mengggunakan truk bernomor polisi L 9114 AY yang dikemudikan Abdul Qodir Jaelani (40). Lima ton ikan segar itu ditempatkan dalam 42 tong plastik.
"Menurut keterangan supir truk, ikan segar tersebut milik H Tining, asal Tuban, Jawa Timur," kata Wayan Diana, Selasa (15/1).
Wayan Diana menyebut penyelundupan ikan itu diketahui karena tidak memiliki kelengkapan dokumen pengiriman yang sah berupa sertifikasi kesehatan dari Kantor Karantina daerah asal pengiriman. Saat ini ikan itu disita di Kantor Karantina beserta truknya, sementara supir truk masih diperiksa.
"Pengirimannya melanggar Undang-Undang (UU) Nomor 16 Tahun 1992 tentang karantina hewan, ikan, dan tumbuhan," ujar Wayan Diana.
ADVERTISEMENT
UU itu menyebut setiap pengiriman hewan, ikan, dan tumbuhan; serta bahan hewan, hasil bahan hewan, ikan, dan tumbuhan dari satu pulau ke pulau lain harus dilengkapi surat keterangan kesehatan dari daerah asal atau sertifikat kesehatan karantina hewan. (kanalbali/KR6)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan