Pertamina IT Manggis Dukung FAD Desa Ulakan Lestarikan Budaya Bali

Konten Media Partner
25 April 2022 10:43
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Pertamina IT Manggis Dukung FAD Desa Ulakan Lestarikan Budaya Bali (101339)
zoom-in-whitePerbesar
Penyerahan Bantuan oleh Manager Pertamina IT Manggis IG Agus Sentanu Putra untuk acara Pagelaran Budaya Bali di Desa Ulakan, Manggis, Karangasem, Bali - RFH
ADVERTISEMENT
KARANGASEM, kanalbali.com – Untuk mendukung pelestarian budaya Bali, Pertamina Integrated Teriminal (IT) Manggis mendukung pelaksanan Pagelaran Seni Budaya yang diselenggarakan Forum Anak Daerah (FAD) Desa Ulakan, Manggis, Karangasem.
ADVERTISEMENT
Kegiatan itu dilaksanakan pada Minggu (24/04/2022). "Dengan menjaga tradisi leluhur akan membuat kita memiliki jati diri yang berbeda dengan negara-negara lain. Semoga nantinya kegiatan ini dapat diselenggarakan dengan cakupan yang lebih luas dan didukung oleh pemangku kepentingan yang lebih beragam" kata Manager PT Pertamina IT Manggis, I.G Agus Sentanu Putra dalam sambutannya.
Pertamina IT Manggis Dukung FAD Desa Ulakan Lestarikan Budaya Bali (101340)
zoom-in-whitePerbesar
Peserta lomba menulis aksara Bali sedang asyik mengerjakan tugasnya - RFH
Selain pementasan tarian, acara di Wantilan Pura Puseh, Ulakan, Karangasem, ini juga meliputi perlombaan yang diikuti oleh perwakilan putra putri terbaik masing-masing desa di Kecamatan Manggis. Bidang yang diusung dalam perlombaan meliputi membaca aksara Bali, membaca puisi Bali, dan menulis aksara Bali.
Agus Sentana Putra menjelaskan, penyelenggaraan acara itu adalah bagian dari Cooperate Social Responsibility (CSR) Pertamina. Sebelum dilakukan, kata dia, pihaknya telah melakukan pemetaan sosial dan Focus Group Discussion (FGD) sehingga aspirasi masyarakat bisa terwakili.
Pertamina IT Manggis Dukung FAD Desa Ulakan Lestarikan Budaya Bali (101341)
zoom-in-whitePerbesar
Peserta lomba membaca lontar aksara Bali - IST
Selain soal budaya, CSR juga meliputi bidang peningkatan ekonomi seperti pembinaan petani garam, pengolahan ikan dan madu, serta penanman terumbu karang untuk bidang lingkungan.
ADVERTISEMENT
Sekretaris Dinas Kebudayaan Karangasem I Wayan Witrawan menyatakan, pihaknya mendukung penuh kegiatan bertemakan "Generasi Pelita Budaya Bali' itu. “Ini pertama kalinya ada desa yang menyelenggarakan seperti ini. Biasanya kita ada di tingkat Kabupatean pada bulan Februari serangkain bulan bahsa Bali,” katanya.
Pertamina IT Manggis Dukung FAD Desa Ulakan Lestarikan Budaya Bali (101342)
zoom-in-whitePerbesar
Peserta lomba membaca puisi berbahasa Bali - RFH
Dia berharap, pihak-pihak lain bisa mengikuti langkah Pertamina sehingga akan makin banyak kegiatan untuk mendukung pelestarian budaya Bali. “Kita akui, untuk daerah Karangasem ini memang masih ada kesulitan soal pendanaan. Apalagi setelah kita dilanda pandemi,” ujarnya. (Kanalbali/ADV)