kumparan
15 April 2019 19:40

Pentingnya Support System Untuk Perempuan

Hai Moms…
Pasti sudah gak asing lagi kan dengan sepenggal kata atau lirik lagu “karena wanita ingin di mengerti…” Yup pada dasarnya wanita memang ingin selalu di support untuk menunjang segala aktivitas yang dilakukan. Perempuan adalah sosok yang tidak bisa ditebak dengan mudah apa maunya, bagaimana sikapnya dan seperti apa isi hatinya.
ADVERTISEMENT
Nah Moms kita sebagai perempuan dikenal sebagai sosok yang lemah lembut, mudah tersentuh dan sangat melibatkan perasaan untuk segala sesuatunya. Dibandingkan pria yang lebih mengedapankan logika, perempuan sangat mengedepankan perasaanya. Perempuan juga dipercaya sebagai sosok yang pandai menyimpan perasaannya. Sedang bahagia atau kecewa, perempuan bisa dengan mudah bersikap biasa saja, seolah tak pernah merasakan apa-apa.
Tidak jarang kita mendapati perempuan dengan sikap dan segala perbuatannya sangat tangguh. Ia bisa bekerja banting tulang seharian penuh. Ia juga bisa menyeimbangkan pekerjaan dan keluarganya dengan sangat baik. Mungkin, kita juga akan mendapati perempuan yang kaya prestasi, hidupnya nyaris bahagia setiap hari dan tidak pernah terlihat meneteskan air matanya
Namun, apakah perempuan setangguh itu? Apakah semua perempuan bisa melakukan segala sesuatunya seorang diri? Tentu saja tidak. Salah satu faktor yang membuat perempuan dapat terus bertahan di tengah tantangan hidup adalah support system yang hebat, baik dari keluarga maupun lingkungan pekerjaan.
ADVERTISEMENT
Perempuan sangat memerlukan support system. Supporting system membuat perempuan percaya diri dapat memiliki status dan memiliki kondisi yang sama untuk menggunakan hak-hak dan kemampuannya secara penuh dalam memberikan konstribusi kepada pembangunan politik maupun sosial budaya.
Senang sekali aku juga bisa hadir di acara #UntukPerempuan pada tepatnya 29 Maret 2019 bertempat di Harlequin Bistro kemang Jakarta aku bersama teman-teman lainnya yang juga support terhadap isu perempuan, menghadiri sebuah acara keren Women Soiree #UntukPerempuan.
DSC09690_2.JPG
Dengan tema supporting system untuk perempuan, yang merupakan inisiatif dari Shopee untuk kampanye #UntukPerempuan karena kita masih perlu sekali mengedukasi masyarakat bahwa perempuan juga memiliki hak yang sama untuk maju. Kesempatan untuk mengakses pendidikan, healthcare, justice, the job market etc. demi kehidupan yang lebih sejahtera dan adil. Tidak ada agenda lain kok, selain memperbaiki kehidupan setiap warga Indonesia, dengan mencapai kesetaraan. Tapi saya juga sadar, bahwa dari dulu budaya Indonesia cukup patriarki, jadi sebuah gerakan yang datang dan membuat sebuah perubahan dalam status quo, tentunya tidak akan diterima semua orang.
ADVERTISEMENT
Banyak hal yang bisa mendukung isu-isu perempuan di Indonesia, dengan segala kegiatan dan aktivitas yang dapat kita lakukan maisng-masing sesuai perannya. Salah satu contohnya adalah sosok artist yang bernama Artika Saridevi yang memberikan dukungannya untuk perempuan Indonesia melalui project beauty camp bernama ArtikaWhulandari.
Beauty camp ini didirikan oleh Artika Saridevi bersama Whulandari, yaitu sesama alumni Putri Indonesia. Berdasarkan penjelasan mbak Artika kalau Beauty camp ini kegiatannya seperti pelatihan kecantikan untuk para perempuan siapa saja, mulai dari usia remaja 15 tahun sudah bisa ikut beauty camp ini lho… Tentunya setiap perempuan yang ikut beauty camp akan dapat tampil lebih percaya diri dengan kemampuannya masing-masing.
Supporting system terhadap perempuan akan membuat mereka mampu menentukan sendiri agenda hidupnya, mengembangkan keterampilannya, dan memecahkan masalahnya sendiri, serta berbuat dan berbicara atas nama mereka sendiri.
ADVERTISEMENT
Pada video Shopee #untukPerempuan itu merupakan inisiatif Shopee dalam rangka menyambut Hari Kartini dan Hari Perempuan Internasional. Inisiatif #UntukPerempuan ini bermaksud mengingatkan pentingnya dukungan lingkungan sekitar perempuan Indonesia untuk membantu mereka menjalani cita dan ceritanya.
kesetaraan yang artinya kita bisa sadar akan perbedaan fisik antara perempuan dan lelaki, tapi kesempatan dalam hidup harus sama. Kesempatan untuk mengakses pendidikan, healthcare, justice, the job market etc. demi kehidupan yang lebih sejahtera dan adil.
Perempuan tidak ingin di judge tapi tapi cukup di support, maka setiap perempuan bisa menjadi apapun yang mereka inginkan untuk jadi yang lebih baik lagi! Karena semua yang kita perbuat akan berdampak besar bagi orang lain dan diri kita sendiri. Dukung terus perempuan Indonesia untuk mendapatkan keadilannya.
DSC09678-01.jpeg
Jadi support system ini bisa siapa saja yang paling dekat seperti pasangan, keluarga dan lingkungan sekitarnya. Ketika support system perempuan baik, kemudian ada yang berusaha menghancurkannya, biasanya orang-orang ini yang pasang badan duluan.
ADVERTISEMENT
Betapa sebuah support system yang baik bisa membuat seorang perempuan melakukan banyak hal yang luar biasa.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan