kumparan
Tekno & Sains15 Januari 2020 12:43

3 Tanda Kamu Mengalami Kelelahan Secara Psikis

Konten Redaksi Karja
image.png
Tidak hanya lelah secara fisik, lelah secara psikis pun sering dialami seseorang. Seperti apa tanda-tandanya? Yuk, dicek! | Photo by Pexels/Inzmam Khan
Rasa lelah wajar dirasakan oleh semua manusia karena adanya beragam aktivitas yang dilakukan setiap hari. Rasa lelah sendiri dibagi menjadi dua, ada lelah secara fisik dan lelah secara psikis. Lelah secara fisik mudah dikenali tanda-tandanya, seperti badan yang selalu terasa pegal dan mengantuk.
ADVERTISEMENT
Selain lelah secara fisik, manusia juga bisa merasakan rasa lelah pada psikisnya. Sama seperti lelah fisik, lelah secara psikis juga membawa beberapa dampak negatif bagi tubuh jasmani kita. Bahkan, lelah pada psikis nantinya bisa berdampak kepada fisik juga, lho!
Berikut adalah tanda-tanda jika psikis kalian sedang lelah versi Karja. Disimak, yuk!
1. Selalu Merasa Lelah
image.png
Lelah secara psikis pada akhirnya akan berdampak ke fisik | Photo by Pexels/Úrsula Madariaga
Tanda pertama jika psikismu sedang lelah adalah kalian akan merasa tubuh fisik selalu lelah. Tidak peduli sudah beristirahat cukup, makan cukup dan sebagainya, kalian akan selalu merasakan lelah.
Tidak hanya itu, karena selalu merasa lelah daya tahan tubuh kalian juga akhirnya menurun dan menjadi mudah terserang berbagai penyakit. Bahkan dalam beberapa kasus, ada beberapa orang yang terkena gangguan lambung parah karena psikis yang lelah dan terlalu banyak pikiran.
ADVERTISEMENT
Selain itu, banyak dokter juga mengatakan bahwa sebagian besar penyakit itu disebabkan oleh psikis yang lelah. Oleh karena itu. jika kalian merasa sedang sakit dan tidak kunjung sembuh, bisa jadi itu merupakan pertanda bahwa psikis kalian sedang lelah.
2. Merasa Sedih dan Kesepian
image.png
Tanda seseorang yang lelah secara psikis adalah sering merasa sedih dan kesepian | Photo by Pexels/Kat Jayne
Seorang yang psikisnya lelah juga kerap kali merasa sedih dan kesepian secara mendadak. Pasti kalian pernah, kan, mengalami kondisi di mana ketika sedang sendirian, lalu tiba-tiba merasa sedih dan kesepian? Nah, itu tandanya psikismu sudah lelah, Sobat!
Ada yang karena memang sudah terlalu lama menahan beban psikis, mereka bahkan akan menangis ketika mereka sedang sendiri. Memang benar kalian memiliki banyak teman, namun kalian akan selalu merasa kesepian.
ADVERTISEMENT
Ada kalanya menangis itu bukan tanda bahwa kalian lemah, Sobat. Menangis itu terbukti manjur untuk meluapkan emosi yang ada sehingga kalian akan menjadi lebih lega.
3. Merasa Tidak Dianggap oleh Orang Lain
image.png
Tanda psikis yang lelah adalah ia merasa tidak dianggap oleh orang lain | Photo by Pexels/Pixabay
Tanda psikis lelah selanjutnya adalah kalian akan menjadi lebih sensitif terhadap perlakuan orang lain kepada kalian. Kalian akan menganggap bahwa semua orang mengacuhkan dan tidak peduli terhadap kalian padahal sebenarnya tidak.
Hal ini akhirnya membuat kalian lebih sering menyendiri daripada berkumpul bersama dengan temannya. Menyendiri tentu saja akan membuat kalian akan merasa lebih tertekan karena pikiran dan perasaan kalian yang sensitif tersebut.
Bukan tidak mungkin kalian akan memutuskan untuk melakukan hal-hal di luar batas kewajaran yang merugikan diri kalian sendiri. Jika kalian merasa psikis kalian lelah, ada baiknya kalian didampingi oleh satu orang yang sangat kalian percaya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
ADVERTISEMENT
#terusberkarya
Jangan lupa follow Karja di Instagram (@karjaid) dan klik tombol 'IKUTI' di kumparan.com/karjaid untuk mendukung dan mengikuti konten menarik seputar entrepreneurship, kisah inspiratif, karya anak bangsa, dan isu sosial seputar milenial ya, Sobat!
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan