kumparan
KONTEN PUBLISHER
18 Februari 2020 10:47

3 Tips Efektif Agar Lebih Produktif Saat Bekerja Secara Remote

image.png
Bekerja secara remote kini menjadi favorit banyak orang, khususnya kaum milenial karena dirasa lebih fleksibel | Photo by Pexels/Ken Tomita
Bekerja secara remote atau remote working kini mulai dipraktikkan oleh beberapa perusahaan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas karyawannya. Selain itu, kerja secara remote ini banyak digemari oleh para kaum milenial karena waktu kerja yang menjadi lebih fleksibel. Sehingga mereka jadi memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan hal lainnya.
ADVERTISEMENT
Namun, bekerja secara remote tidak hanya memiliki beragam kelebihan, namun juga tantangan tersendiri. Bekerja secara remote terkadang dianggap kurang efektif karena dapat membuat seseorang jadi lebih doyan rebahan karena tidak ada bos yang memantau. Pekerjaan pun jadi rentan tertunda karena adanya banyak gangguan yang dialami ketika sedang bekerja sehingga menjadi tidak fokus.
Oleh karena itu, Karja punya tips, nih, buat kalian yang suka bekerja secara remote, namun merasa kurang efektif dalam melakukan sistem ini karena adanya hambatan-hambatan yang terjadi. Simak di bawah ini ya!

1. Membuat dan Menentukan Jam Kerja

image.png
Tentukan jam kerja yang sesuai | Photo by Pexels/
Walau kalian bekerja secara remote, namun ada baiknya kalian menentukan jam kerja bagi diri kalian sendiri. Keuntungan dari sistem kerja remote adalah waktu yang fleksibel, sehingga kalian bebas mau menentukan bekerja di pagi, siang, sore bahkan malam hari.
ADVERTISEMENT
Bagi sebagian orang, ada yang menganggap kerja di pagi hari adalah waktu terbaik, sebagian beranggapan ketika malam tiba adalah waktu terbaik untuk mulai mengerjakan tugas. Pilihlah waktu yang sesuai dimana kalian merasa paling produktif pada saat itu.
2. Membuat To Do List
image.png
Buat to do list | Photo by Pexels/Breakingpic
Ketika kalian bekerja secara remote, tidak akan ada atasan yang selalu memantau setiap tugas kalian. Yang mereka inginkan adalah semua tugas yang mereka berikan terselesaikan dengan baik dan tepat waktu.
Ada baiknya kalian membuat to do list sesuai dengan urutan prioritas tugas tersebut. Hal ini untuk mencegah kalian menunda pekerjaan dan juga mencegah kalian melewatkan satu tugas yang mungkin kalian lupa catat dan sebagainya.
ADVERTISEMENT

3. Jauhkan Gangguan

image.png
Hindari bekerja di atas kasur | Photo by Pexels/Andrea Piacquadio
Kalian mungkin akan mengalami beberapa gangguan saat bekerja secara remote, seperti baik dari orang sekitar maupun dari gadget. Untuk mengatasi gangguan dari gadget, kalian bisa menjauhkan gadget kalian untuk sementara waktu agar tidak tergoda untuk memainkannya.
Untuk mengatasi gangguan yang datang dari orang lain, kalian bisa mengatakan dengan terbuka bahwa walau kalian berada di rumah ataupun kafe, namun jam tersebut adalah jam kerja kalian, di mana kalian harus bekerja dan tidak ingin diganggu.
Keinginan besar untuk rebahan juga merupakan sebuah gangguan yang sering dihadapi para pekerja remote ini. Hal ini bisa terjadi karena kebanyakan dari mereka bekerja di tempat tidur yang merupakan zona nyamannya. Untuk mengatasi hal ini, kalian bisa mencari ruangan seperti ruang keluarga atau ruang kamar di mana tidak ada kasur yang menggoda kalian untuk rebahan.
ADVERTISEMENT
#terusberkarya
Jangan lupa follow Karja di Instagram (@karjaid) dan klik tombol 'IKUTI' di kumparan.com/karjaid untuk mendukung dan mengikuti konten menarik seputar entrepreneurship, kisah inspiratif, karya anak bangsa, dan isu sosial seputar milenial ya, Sobat!
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan