kumparan
KONTEN PUBLISHER
17 Februari 2020 9:03

4 Tips Psikologi dalam Mencapai Tujuan Hidup

image.png
Tips sukses mencapai tujuan hidup | Photo by Pexels/bruce mars
Setiap orang pasti memiliki tujuan yang telah mereka tetapkan dalam hidupnya. Dengan memiliki tujuan, seseorang akan menjadi lebih termotivasi dan bersemangat dalam menjalani hidup. Tentu dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan tersebut, banyak halangan dan tantangan yang harus dihadapi.
ADVERTISEMENT
Tidak jarang banyak orang yang gagal dalam mencapai tujuannya, karena kurang berkomitmen dan tidak serius dalam menjalankannya. Tak jarang pula mereka akhirnya menyerah dan berputus asa, sehingga tujuan hidup tersebut menjadi terlupakan.
Melansir dari Quick and Dirty Tips, ada 4 tips psikologis untuk membantu kalian dalam mencapai tujuan hidup.
1. Buat tujuan berdasarkan hal yang ingin dipelajari
image.png
Dengan membagi tujuan berdasarkan hal-hal yang ingin dipelajari, maka tujuan yang telah dibuat akan terlihat lebih ringan dan memungkinkan bagi kita untuk dicapai | Photo by Pexels/Startup Stock Photos
Saat membuat sebuah tujuan atau cita-cita dalam hidup, kebanyakan dari kita pasti akan langsung menuliskan apa yang diinginkan. Misalnya ingin menjadi dokter, lulus kuliah tepat waktu, menjadi pebisnis sukses, dan sebagainya.
Hal tersebut memang tidak salah. Namun sebuah riset menunjukkan bahwa hal tersebut ternyata tidak efektif untuk dilakukan. Pada akhirnya, membuat tujuan dengan berorientasi pada pencapaian saja hanya membuat kita menjadi berpikir bahwa tujuan tersebut terlalu besar dan berat.
ADVERTISEMENT
Maka, cobalah untuk membuat tujuan dalam hidup berdasarkan hal-hal yang ingin dipelajari, bukan yang ingin diraih. Daripada membuat tujuan yang langsung besar lebih baik kalian membuatnya menjadi lebih terbagi dan spesifik.
Contohnya dalam berbisnis, jika kalian ingin menjadi seorang pebisnis yang sukses, lebih baik kalian menuliskannya dengan mengikuti seminar bisnis, membaca buku bisnis 10 halaman perhari, dan sebagainya. Tentu hal tersebut lebih memungkinkan untuk tercapai.
2. Membuat tujuan berdasarkan nilai kehidupan
image.png
Buatlah tujuan hidup berdasarkan nilai-nilai kehidupan yang dipegang | Photo by Pexels/Julian Jagtenberg
Bagaimana tujuan kalian dibuat memiliki pengaruh yang besar; apakah kalian akan berhasil mencapai tujuan tersebut atau tidak. Kalian akan mampu mencapai tujuan hidup ketika tujuan tersebut memiliki nilai kehidupan yang kalian anut.
Nilai kehidupan antara seorang dengan yang lain itu belum tentu sama, ada yang menganggap hubungan sosial adalah nilai kehidupan, ada yang menganggap memiliki kekuatan adalah nilai kehidupan dan sebagainya.
ADVERTISEMENT
Coba bertanya kepada diri sendiri, apakah tujuan yang dibuat tersebut sesuai dengan nilai-nilai kehidupan yang dipegang. Jika tidak, maka buatlah penyesuaian. Jika tujuan hidup kalian sudah mencerminkan nilai-nilai kehidupan, maka kemungkinan tujuan tersebut untuk tercapai lebih besar. Karena tujuan tersebut tidak semata-mata hanya ‘sesuatu’ yang harus diraih.
3. Melihat tujuan sebagai tantangan bukan ancaman
image.png
Melihat tujuan sebagai tantangan, bukan ancaman | Photo by Pexels/bruce mars
Kalian harus belajar untuk melihat dan memandang bahwa dalam meraih tujuan, tentu akan ada berbagai halangan dan rintangan yang datang. Namun, jangan lantas menganggap hal tersebut sebagai ancaman yang harus dihindari, melainkan tantangan yang harus dihadapi.
Sebagai contoh, ketika dulu kalian masih sekolah, kalian berkata pada diri kalian harus mendapat nilai bagus karena takut dimarahi orang tua. Artinya, kalian menganggap hal tersebut sebagai sebuah ancaman, karena jika tidak meraih nilai bagus maka kalian akan dimarahi.
ADVERTISEMENT
Alih-alih memiliki mindset seperti itu, kalian bisa menanamkan pemikiran bahwa kalian ingin mendapat nilai bagus sehingga kalian bisa menjadi pelajar yang berprestasi seperti yang diinginkan.
4. Membuat perjanjian dengan orang lain mengenai tujuan kalian
image.png
Bicarakan tujuan kalian dengan orang yang dipercaya | Photo by Pexels/Helena Lopes
Terkadang, dengan adanya sedikit tekanan sosial atau tekanan dari orang lain, hal tersebut dapat membantu kalian untuk meraih tujuan dalam hidup. Ketika kalian menceritakan komitmen dalam mencapai tujuan tersebut kepada orang lain, akan membuat kalian lebih gigih dalam mencapai tujuan tersebut.
Oleh karena itu, kalian bisa membuat perjanjian denga orang-orang terdekat mengenai tujuan tersebut. Perjanjian yang dimaksud adalah perjanjian tertulis dan ditandatangani oleh kalian dan orang yang kalian pilih tersebut. Memang terlihat berlebihan, namun penelitian membuktikan bahwa ketika kalian memberitahukan tujuan kalian kepada beberapa orang secara detail, maka kalian akan memiliki ‘tekanan sosial’ untuk meraih tujuan tersebut.
ADVERTISEMENT
Teman kalian tersebut pun bisa membantu dalam mengingatkan agar kalian tidak menyerah dalam mencapai tujuan tersebut. Karena itu, pastikan kalian memilih teman yang tepat untuk mendukung kalian dalam hal ini ya!
#terusberkarya
Jangan lupa follow Karja di Instagram (@karjaid) dan klik tombol 'IKUTI' di kumparan.com/karjaid untuk mendukung dan mengikuti konten menarik seputar entrepreneurship, kisah inspiratif, karya anak bangsa, dan isu sosial seputar milenial ya, Sobat!
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan