Pencarian populer

Amparan Tatak, Takjil Favorit di Samarinda saat Bulan Ramadhan

Amparan Tatak, takjil khas Samarinda | Photo by Charles (Karja.id)

Selamat datang kembali bulan suci Ramadhan. Bulan suci ini menjadi kesempatan yang baik bagi Umat Muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia untuk semakin mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

Selain itu, bulan suci ini juga identik dengan momen berbuka puasa bersama keluarga, teman, kerabat dan lainnya setelah menjalankan kewajiban puasa. Tidak ketinggalan juga, takjil menjadi salah satu menu wajib yang harus ada ketika berbuka puasa.

Jika berbicara tentang takjil pada maka makanan yang biasanya terbesit di pikiran adalah kue yang manis. Salah satu takjil yang menjadi idola dan kerap ditemui di Kota Samarinda yakni, kue Amparan Tatak.

Amparan Tatak yang dilapisi potongan buah pisang yang telah dikukus sebelumnya | Photo by Charles (Karja.id)

Amparan Tatak sendiri merupakan kue khas Banjar dengan bahan utamanya seperti adonan tepung beras, tepung sagu dan santan serta tambahan potongan-potongan buah pisang yang telah dikukus sebelumnya.

Amparan Tatak | Photo by Charles (Karja.id)

Kue ini biasanya dibuat dalam loyang cetakan berbentuk bulat yang cukup besar. Proses pembuatannya pun memiliki 2 tahap. Tahap pertama yakni mengukus adonan pertama yang kemudian ditambah dengan potongan buah pisang. Kemudian tahap kedua dengan mengukus adonan kedua yang dituang diatas adonan pertama yang telah selesai dikukus sebelumnya.

Rasa manis, empuk yang nikmat nan lezat benar-benar terasa ketika Amparan Tatak mulai disantap. Tidak ketinggalan juga cita rasa dari potongan buah pisang yang telah dikukus semakin menambah cita rasa dari kue khas Banjar ini.

Amparan Tatak dan kue lainnya yang ditemui pada salah satu pasar ramadhan di Kota Samarinda | Photo by Charles (Karja.id)

Untuk mencari Amparan Tatak di Kota Samarinda ketika bulan Ramadhan tidaklah susah. Kue ini sangat mudah ditemui di berbagai pasar Ramadhan yang ada di kota dengan julukan kota tepian ini.

Salag satu penjual kue Amparan Tatak | Photo by Charles (Karja.id)

Eksistensi kue Amparan Tatak, kue khas Banjar ini pun terbilang cukup tinggi di Ibukota Provinsi Kalimantan Timur. Hal ini dikarenakan tingginya populasi suku Banjar, yang merupakan suku asli Pulau Kalimantan, di Kota Samarinda

Untuk masalah Harga pun sangatlah terjangkau, mulai dari 10-20 ribu Rupiah untuk sekitar 1/16 bagian dari loyang cetakan kue yang berukuran besar.

Tertarik untuk mencobanya? Dijamin enak!

#terusberkarja

Reporter : Charles

Content Writer & Editor : Charles

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23