kumparan
KONTEN PUBLISHER
22 Februari 2019 14:19

Controlling : Butuhnya Patokan Standar pada Suatu Bisnis

SWOT Controlling.jpg
Ilustrasi Controlling | Photo by Oliver Schwendener on Unsplash
Menjalankan suatu bisnis tidak hanya bisa dilepas begitu saja. Apabila sampai dibiarkan seperti itu, tentu sangat berbahaya untuk bisnis tersebut.
ADVERTISEMENT
Contoh : seseorang yang membuka rumah makan, tetapi bisnis tersebut tidak dikontrol, tidak adanya pengawasan rutin, maka berpotensi terjadinya kegagalan seperti pelayanan yang tidak maksimal, standar rasa makanan yang sembarangan, bahkan terjadinya kejahatan (penyelewengan uang kas, stok dan semacamnya).
Controlling itu berbicara tentang bagaimana kita membangun standar yang jelas untuk bisnis kita. Apabila standar-standar di dalam bisnis tidak tercapai, maka ada sesuatu yang salah. Darimana kita tau standar itu tercapai atau tidak? dari pengawasan dan pengarahan yang dilakukan secara rutin.
Jadi, hal yang terpenting dalam melakukan controlling adalah siapkanlah terlebih dahulu standar-standar untuk nantinya mencapai sasaran jangka pendek (operasional) maupun jangka panjang. Intinya, standar membantu kita untuk melihat bisnis kita sudah pada jalur yang tepat atau belum
ADVERTISEMENT
Contoh, rumah makan ayam goreng Pak Ciken memiliki standar memberikan nasi sebanyak 3 sendok nasi. Apabila, seorang pegawainnya mengambil 4 sendok nasi untuk 1 porsi, maka pegawai yang melakukan harus dikasitau dan diawasi, karena kasus tersebut membuat biaya produksi meningkat yang berdampak pada berkurangnya keuntungan.
Ingat, hal kecil dalam bisnis itu tetap harus diperhatikan supaya tidak muncul kesalahan-kesalahan yang lebih besar ke depannya.
#terusberkarja
Content Writer : Charles Raymond
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan