Pencarian populer

"Curi" Ide Bisnis Sendiri Bisa Tingkatkan Daya Saing

Ilustrasi otak kiri dan kanan | Photo by Elisa Riva via Pixabay

Sobat Entrepreneurs, dunia bisnis tidak lepas dari yang namanya persaingan. Ketika produk yang kamu ciptakan mulai booming, pastilah ada banyak pesaing yang mulai merintis karir dengan produk yang mirip atau bahkan sejenis yang bisa jadi lebih terkenal nantinya dari yang kamu buat.

Hal inilah yang terkadang membuat para pebisnis pemula menjadi kurang percaya diri, terutama mereka yang hanya memiliki satu jenis ide tanpa antisipasi. Apa yang dimaksud dengan antisipasi disini adalah daya saing si pemilik ide utama bisnis itu sendiri.

Ketika orang-orang mulai mereplikasi dengan lebih banyak inovasi, bukannya tidak mungkin malah bisnismu yang meredup padahal kamulah yang pertama menciptakan tren ide tersebut. Sebetulnya banyak hal yang bisa kamu lakukan, salah satunya adalah dengan mendaftarkan hak paten.

Namun, hal itupun bukan perkara yang mudah, ketika kamu mengajukan patenmu, bisa jadi sudah banyak perusahaan lain yang ternyata memiliki paten untuk produk yang sama denganmu. Kamupun menjadi resah akan masa depan bisnismu yang tidak memiliki paten.

Ilustrasi Ide | Photo by Tero Vesalainen via Pixabay

Tapi sebetulnya hal itu tidak perlu kamu khawatirkan, masih ada cara lain untuk membuat idemu tetap bisa berjalan. Sebagai seorang pebisnis, kita tidak boleh kehabisan ide dan explore adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan ketika kamu baru mau memulainya.

Saat kamu mulai memikirkan sebuah ide yang akan berjalan, jangan lupa pikirkan kemungkinan berapa orang atau company yang kira-kira juga akan memiliki ide yang sama.

Disinilah kreativitas kita diuji. Mulai dari bahan-bahan yang kita gunakan sampai alternatif bahan yang bisa kita gunakan sebagai salah satu keunggulan yang nantinya tidak akan dimiliki oleh orang lain.

Selain itu, penting pula untuk mempelajari paten yang mirip dengan idemu. Inilah yang dimaksud dengan ‘mencuri’ ide bisnis sendiri. Dengan melihat idemu yang ternyata bisa mirip dengan ide orang lain, kamu harus meraihnya kembali dengan membuat berbagai inovasi dan variasi sehingga pada akhirnya kamu menjadi pebisnis dengan daya saing yang tinggi.

Jadi, jangan lagi takut dan ragu jika ingin memulai sebuah bisnis. Kembangkan terus hingga sukses bisa kamu raih.

#terusberkarja

Writer : Godelva Valentina

Editor : Erromy Wangiar

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60