Entertainment
·
14 Agustus 2020 8:01

Hilangkan Stress, Ranti Yamin Rilis Buku Secara Mandiri

Konten ini diproduksi oleh Karja
Hilangkan Stress, Ranti Yamin Rilis Buku Secara Mandiri (105705)
Ranti Yamin dan karya bukunya yang berjudul What You Seek Lies In Here. | Photo from Ranti Yamin
Stres bisa menyerang siapa saja, tidak memandang umur, tempat dan waktu. Penyebabnya juga bermacam-macam entah itu keuangan, pekerjaan, keluarga, status sosial, norma, atau cinta. Hal ini menjadikan stres sebagai salah satu hal yang sulit dihindari. Namun tentu saja stres bisa dicegah atau dikurangi, salah satunya dengan menulis.
ADVERTISEMENT
Inilah yang membuat Ranti Yamin merilis secara mandiri buku berjudul “What You Seek Lies In Here”, sebuah buku berisikan kumpulan puisi. Kumpulan puisi ini ia tulis saat menghadapi masa-masa sulit seperti kebimbangan, kehilangan, dan kekecewaan.
Pengalaman yang biasanya terjadi saat menyentuh umur dua puluh atau yang biasa disebut dengan quarter life crisis.
Hilangkan Stress, Ranti Yamin Rilis Buku Secara Mandiri (105706)
Buku dari Ranti Yamin yang berisi kumpulan puisi. | Photo from Ranti Yamin
Meskipun sempat ditawari beberapa penerbit, Ranti Yamin merilis buku pertamanya ini secara mandiri. Ranti sebenarnya memang belum merasa nyaman untuk diberi title sebagai penulis.
Itu juga salah satu alasannya membuat second account Instagram bernama Little Vixen. Ranti memilih Little Vixen (rubah) karena kesukaannya pada hewan tersebut. Menurutnya Rubah memiliki insting yang baik.
“Rubah itu clever, dia tanggap dan cepat juga dalam melakukan hal apapun. A Vixen perhaps can onle be small creature but she’s still intimidating in some places”, ungkap Ranti.
ADVERTISEMENT
Karena ditulis berdasarkan pengalaman pribadi buku ini sangat cocok untuk kalian yang sedang menghadapi dilema kehidupan seperti percintaan, penghianatan, atau ekspektasi. Buku ini cocok untuk kalian yang menyukai karya puisi kontemporer seperti Aan Mansyur atau Naela Ali. Ranti sendiri memang menjadikan keduanya sebagai salah referensi dalam menulis karya puisinya.
Lebih jauh Ranti berharap buku ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan minat terhadap literasi yang saat ini sedang berkembang pesat. Menurutnya, selain melalui pendidikan terdapat banyak cara untuk meningkatkan minat literasi, salah satunya adalah melalui buku yang isinya sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, sama seperti dirinya ketika menyukai literasi karena novel yang dibacanya dibangku sekolah dasar.
Buku ini dirilis pada tanggal 13 Agustus 2020. Perilisan dilangsungkan di Voorvo Coffee. Dalam acara perilisan bukunya Ranti bekerjasama dengan kakaknya, Aldi Yamin yang merupakan bassist dari Murphy Radio, dan mengundang Irine (Solois Samarinda) sebagai tamu spesial.
ADVERTISEMENT
#terusberkarya
Karja, we share creative and up to date content (entrepreneurship, inspiration, and social issues) for Indonesia’s millennials. Support and follow us on kumparan (click here) and Instagram (click here).