kumparan
search-gray
News20 Mei 2020 10:19

Jelang Lebaran, DLH Ajak Warga Samarinda Simpan Sampah Selama 2 Hari

Konten Redaksi Karja
Jelang Lebaran, DLH Ajak Warga Samarinda Simpan Sampah Selama 2 Hari (63572)
Ilustrasi sampah plastik | Photo by Pexels/Stas Knop
Tingginya tingkat kebutuhan warga Kota Samarinda menjelang lebaran, membuat produksi sampah rumahan diprediksi akan melonjak pada Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah/2020 Masehi.
ADVERTISEMENT
Sehingga untuk mengantisipasi kelonjakan tersebut, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Samarinda menerbitkan surat edaran bernomor: 924/1149/100.14 mengenai Bersih Sampah Idul Fitri 1441 H (Simpan Sampah).
DLH mengajak kepada seluruh kecamatan untuk berkoordinasi dengan seluruh jajaran Rukun Tetangga (RT) masing-masing untuk menyampaikan secara langsung kepada masyarakat mengenai Simpan Sampah, seperti menggunakan pengeras suara dari masjid atau musala dan lain-lain.
Selain imbauan untuk mengetahui jadwal pembuangan sampah, ada tujuh poin ajakan kepada masyarakat saat melakukan kegiatan seperti berziarah ke kuburan, berbelanja, jadwal buang sampah hingga menjaga kebersihan lingkungan setempat.
Ajakan yang pertama adalah masyarakat tetap disiplin menjaga kebersihan dan tidak membuang dan meninggalkan sampah di area pemakaman. Kedua menggunakan tas belanja saat berbelanja di supermarket, pasar swalayan ataupun pasar tradisional.
Jelang Lebaran, DLH Ajak Warga Samarinda Simpan Sampah Selama 2 Hari (63573)
Surat edaran dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Samarinda
Selanjutnya di poin ketiga, DLH juga mengumumkan pada H-1 Hari Raya Idul Fitri yakni pada tanggal 23 Mei 2020 adanya pembatasan buang sampah sampai jam 21.00 Wita. Sehingga di poin berikutnya, masyarakat untuk sementara menyimpan sampah rumahan selama dua hari pada tanggal 24 dan 25 Mei 2020.
ADVERTISEMENT
Pada hari H dan H+1, pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Samarinda fokus membantu pengambilan dan pengangkutan sisa sampah H-1. Setelah itu pada H+2 (26 Mei 2020) masyarakat dapat kembali membuang sampah secara normal pada pukul 18.00 sampai 06.00 Wita.
Kemudian pada poin keenam dan ketujuh, dalam merayakan Idul Fitri 1441 Hijriah diupayakan agar dapat menhindari penggunaan kemasan plastik sekali pakai dan tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.
Dengan adanya surat edaran tersebut, diharapkan masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing demi keindahan dan mencegah berkembangbiaknya penyakit yang dapat menjadi sarang bagi hewan perantara penyakit tersebut.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white