Bisnis16 Oktober 2019 15:28

Mengalami Quarter Life Crisis? Berikut Solusinya!

Konten Redaksi Karja
Mengalami Quarter Life Crisis? Berikut Solusinya! (520350)
Ilustrasi wanita yang sedang bersedih | Photo by Sydney Sims on Unsplash
Apakah kalian pernah atau sedang berada dalam fase quarter life crisis? Tidak tahu harus berbuat apa? Merasa tidak puas dengan diri kamu sekarang?
ADVERTISEMENT
Yuk, Sobat Entrepreneurs simak tips-tips untuk menghadapi dan melalui quarter life crisis dengan baik.
  1. Semakin dekatkan diri dengan sang pencipta
Mengalami Quarter Life Crisis? Berikut Solusinya! (520351)
Ilustrasi berdoa | Photo by Amaury Gutierrez onUnsplash
Walau hal ini terlihat sangat mendasar, namun dengan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta akan memberikan ketenangan jiwa kepada kita.
Jika kita memperoleh ketenangan jiwa, maka akan lebih mudah berpikir dengan matang dan baik mengenai apa yang harus kita lakukan.
  1. Bangkit!
Mengalami Quarter Life Crisis? Berikut Solusinya! (520352)
Ilustrasi bangkit | Photo by Sadeq Mousavi on Unsplash
Langkah selanjutnya, kalian harus bangkit. Jangan menyerah dengan keadaan. Jika Sobat Entrepreneurs merasa hidup sobat jalan di tempat, maka cobalah untuk mencari suasana baru.
Temukan passion yang kalian miliki dan jadikanlah itu sebuah pekerjaan.

“Bagaimana jika aku bekerja kantoran?”

Sobat Entrepreneurs, tidak perlu sampai keluar dari pekerjaan. Temukan saja hobi yang menarik untuk sobat dan tekunilah.
ADVERTISEMENT
Kenali diri sobat sendiri. Apa yang benar-benar ingin Sobat Entrepreneurs lakukan di masa sekarang. Jangan terbelenggu dengan tuntutan orang lain. Lakukan apa yang membuat Sobat Entrepreneurs bahagia.
  1. Temukan komunitas yang membangun
Mengalami Quarter Life Crisis? Berikut Solusinya! (520353)
Ilustrasi komunitas | Photo by Rosie Fraser on Unsplash
Temukan komunitas yang membangun dan bisa mendukung kalian. Jangan menutup diri karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain. Jangan ragu untuk mencari pertolongan dengan bercerita pada komunitas yang sehat dan terpercaya.
Banyak komunitas yang mendukung anak-anak muda sekarang, mulai dari komunitas di tempat ibadah hingga komunitas bisnis. Dari komunitas tersebut, kalian bisa belajar banyak hal bahkan mungkin menemukan ide baru untuk membentuk sebuah bisnis baru.
  1. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain
Mengalami Quarter Life Crisis? Berikut Solusinya! (520354)
Ilustrasi perbandingan | Photo by Raquel Martínez on Unsplash
Berhentilah menganggap diri kalian gagal dan orang lain lebih berhasil. Setiap orang memiliki garis waktunya masing-masing. Tidak ada yang lebih cepat atau lebih lambat.
ADVERTISEMENT
Semua terjadi tepat waktu pada waktunya, yang harus Sobat Entrepreneurs lakukan adalah terus berjuang dan berusaha sampai kalian berhasil. Jangan pernah iri atau membandingkan diri sendiri karena itu hanya akan membuat kita semakin minder.
Kita tentu tidak pernah tahu perjuangan dan pengorbanan apa yang telah dilalui oleh teman-teman kita yang telah sukses itu.
  1. Membuat perencanaan
Mengalami Quarter Life Crisis? Berikut Solusinya! (520355)
Ilustrasi perencanaan | Photo by Glenn Carstens-Peters on Unsplash
Buatlah sebuah perencanaan. Tidak perlu terlalu jauh. Coba dengan perencanaan untuk 3 tahun ke depan. Apa yang ingin Sobat Entrepreneurs lakukan?
Jika ingin berbisnis, tuliskan bisnis apa yang kalian ingin rencanakan untuk dibangun dalam 3 tahun kedepan? Buatlah juga perencanaan finansial yang nantinya bisa memiiki pengaturan finansial yang teratur.
Perencanaan finansial yang baik bisa menuntun Sobat Entrepreneurs untuk menjadi lebih mandiri secara finansial. Oleh karenanya jangan membuat perencanaan yang asal-asalan ya, tapi pikirkan dengan baik dan matang.
ADVERTISEMENT
Demikian tips-tips yang bisa Karja berikan buat Sobat Entrepreneurs yang sedang berada dalam masa quarter life crisis. Semoga membantu dan tetap semangat!
#terusberkarja
Content Writer: Putri Fortunata
Editor: Inggrid
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white