kumparan
search-gray
Bisnis10 Maret 2020 10:53

Pekerjaan Pertama 7 Orang Sukses di Dunia, Jadi Guru hingga Loper Koran

Konten Redaksi Karja
image.png
Mulai dari menjadi guru bahasa Inggris hingga loper koran, ini pekerjaan pertama 7 orang sukses di dunia | Photo by Pablo Martinez Monsivais/AP Photo
Tidak setiap orang sukses di dunia ini langsung terlahir menjadi seorang yang terkenal dan sukses. Tidak semuanya lahir dengan sendok perak dan emas sebagai alat makannya. Sebagian besar orang sukses berasal dari orang yang biasa-biasa saja, atau bahkan berada dalam situasi serba kekurangan.
ADVERTISEMENT
Mereka merasakan gagal, jatuh, dan bangkit berkali kali hingga akhirnya mereka bisa sukses dan terkenal seperti saat ini. Mereka pun juga tidak segan untuk bekerja dengan orang lain terlebih dahulu sebagai pekerjaan pertama mereka.
Berikut adalah pekerjaan pertama tujuh orang sukses di dunia. Check it out!

1. Barack Obama

image.png
Barack Obama | Foto: Reuters
Sebagai seorang yang pernah menjadi sosok nomor satu di Gedung Putih Amerika, tentunya membuat kita penasaran apa pekerjaan pertama sosok Barack Obama yang sering menjadi inspirasi banyak orang.
Pada tahun 2012, staf kampanye Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ternyata pernah mengunggah highlight dari pekerjaan dan kehidupan Barack Obama selama ini. Pada saat remaja, pekerjaan pertama seorang Barack Obama adalah menjadi seorang karyawan di Baskin Robbins di kota Honolulu.
ADVERTISEMENT

2. Elon Musk

image.png
CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk. | Photo by Joe Skipper/Reuters
Elon Musk adalah seorang pendiri dari Tesla dengan harta kekayaan $13,9 milyar. Elon Musk sendiri adalah seorang penggemar dari teknologi dan hal-hal berbau luar angkasa.
Ketika berusia 12 tahun, Elon Musk membuat sebuah kode untuk video game bertema luar angkasa bernama Blastar yang ia jual ke majalah PC dan Office Technology sebesar $500 dollar. Baru-baru ini, seorang ahli software dari Google mengambil kode tersebut dan membangunnya kembali agar bisa dimainkan di mesin yang lebih modern.

3. Jack Ma

image.png
Jack Ma | Photo by Ruben Sprich via REUTERS
Jack Ma adalah founder dari Alibaba yang merupakan situs marketplace dari China. Ia sendiri merupakan orang terkaya di China.
Pekerjaan pertama Jack Ma adalah menjadi seorang guru Bahasa Inggris di Hangzhou, China. Jack Ma mengatakan bahwa pengalaman pertamanya bekerja menjadi seorang guru membantunya untuk menyadari dan menemukan individu yang bertalenta serta membantu mereka untuk tumbuh.
ADVERTISEMENT

4. Warren Buffet

image.png
Warren Buffett. | Photo by AFP/Nicholas Kamm
Warren Buffet, CEO dari Berkshire Hathaway memiliki kekayaan sebesar $61,2 miliar dollar atau setara dengan Rp 856,8 triliun. Kekayaan itu tentu tidak datang dengan sendirinya, melainkan berkat usaha dan kerja keras yang dilakukannya.
Saat usia 13 tahun, Warren Buffet menghabiskan waktu paginya bukan dengan rebahan, melainkan dengan menjadi loper koran Washington Post. Pada umurnya yang ke-15, Warren Buffet menginvestasikan $1.200 di 40 hektar tanah dengan menanamkan sistem bagi hasil dengan para petani.

5. Mark Zuckerberg

image.png
CEO Facebook, Mark Zuckerberg | Photo by Stephen Lam/Reuters
Ketika mendirikan Facebook, Mark Zuckerberg masih berada di bangku kuliah. Namun di kala itu, ia sudah berproses menjadi sosok yang sukses. Di SMA, Mark menciptakan sebuah software untuk rekomendasi musik bernama Synapse.
ADVERTISEMENT
Pada tahun 2002, beberapa perusahaan termasuk Microsoft dan AOL, menunjukkan minat untuk membeli Synapse, bahkan menawarkan pekerjaan kepada Mark. Namun, ia memilih untuk mendaftar di Universitas Harvard. Lima tahun setelahnya, Microsoft membeli 1,6 persen saham di Facebook dengan harga $240 juta.
6. Donald Trump
image.png
Presiden Amerika Serikat Donald Trump | Photo by AFP/Saul Loeb
Sosok pemimpin Amerika Serikat ini tumbuh dari keluarga yang bisa dibilang kaya raya. Namun ayah Donald Trump menginginkannya untuk belajar untuk menghargai uang sejak kecil.
Sang ayah pun akan membawa Trump dan saudaranya ke lokasi konstruksi untuk mengambil botol soda kosong untuk dijual. Presiden Amerika Serikat ini mengungkapkan, ia tidak mendapatkan banyak uang dari pekerjaan mengumpulkan botol soda kosong, namun hal tersebut mampu mengajarinya untuk bekerja keras demi uang.
ADVERTISEMENT
7. Oprah Winfrey
image.png
Oprah Winfrey. | Photo by REUTERS/Lucy Nicholson
Oprah Winfrey adalah sosok perempuan inspiratif yang berhasil menjadi salah satu wanita terkaya di dunia dengan kekayaan kurang lebih mencapai $3 miliar atau setara dengan Rp 42 triliun. Namun, sebelum berada di puncak kesuksesan seperti sekarang, Oprah harus melalui masa kecil yang sulit.
Ketika ia tinggal bersama ayahnya di Nashville saat remaja, ia bekerja di sebuah toko kelontong yang berada di sebelah barber shop milik sang ayah.
#terusberkarya
Jangan lupa follow Karja di Instagram (@karjaid) dan klik tombol 'IKUTI' di kumparan.com/karjaid untuk mendukung dan mengikuti konten menarik seputar entrepreneurship, kisah inspiratif, karya anak bangsa, dan isu sosial seputar milenial ya, Sobat!
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white