kumparan
search-gray
Tekno & Sains17 Januari 2020 10:58

Plus Minus Jurusan Kuliah Ramai Peminat Versus Sepi Peminat

Konten Redaksi Karja
image.png
Jurusan ramai peminat dan jurusan sepi peminat; keduanya memiiki kelebihan dan kekurangan masing-masing | Photo by Pexels/Joshua Mcknight
Pada saat akan mendaftar masuk ke universitas, kita pasti sering mendengar ada jurusan yang terfavorit dan ada jurusan yang tidak favorit alias sepi peminat. Jurusan favorit seperti jurusan perhotelan, ekonomi, kedokteran, teknik, dan lain-lain sudah pasti akan selalu ramai peminat setiap ada pembukaan pendaftaran mahasiswa baru.
ADVERTISEMENT
Ketika ada jurusan yang ramai, pasti ada juga jurusan yang sepi peminat seperti jurusan otomotif, kehutanan, ilmu arkeologi, ilmu filsafat, dan lain-lain. Namun walau begitu, baik jurusan ramai dan sepi peminat, keduanya ternyata memiliki kelebihan masing-masing, lho, Sobat!
Simak di bawah ini, yuk!
1. Persaingan masuk
image.png
Persaingan masuk jurusan ramai peminat tentu akan berbeda dengan jurusan sepi peminat | Photo by Pexels/Pixabay
Dilihat dari sisi persaingan masuk ke dalam kedua jurusan, ini baik yang sepi dan ramai peminat, mereka memiliki kelebihan masing-masing.
Jika dalam jurusan yang ramai peminat, keuntungannya adalah seseorang akan dianggap pandai karena berhasil lolos dari seleksi sekian banyak pendaftar. Kalian juga bisa membuktikan bahwa kalian layak berada di jurusan tersebut setelah proses seleksi yang ketat.
Sedangkan dari jurusan yang sepi peminat, kalian akan merasa lebih enjoy dan tidak tertekan dalam menghadapi tes masuk ke jurusan yang kalian inginkan. Karena sepi peminat, tentu saja saingan kalian tidak akan sebanyak di jurusan ramai peminat.
ADVERTISEMENT
2. Lingkup Pergaulan
image.png
Ada plus minusnya masing-masing dari sisi lingkup pergaulan | Photo by Unsplash/Naassom Azevedo
Dari sisi lingkup pergaulan pun, tetap keduanya memiliki kelebihannya masing masing. Untuk jurusan ramai peminat, dari lingkup pergaulan jelas akan sangat mudah untuk memiliki banyak teman, karena banyaknya mahasiswa yang ada di jurusan tersebut.
Sedangkan dari jurusan yang sepi peminat, mungkin kelihatannya akan kesulitan memperoleh teman. Namun jangan salah, pertemanan yang dibangun oleh mereka tentunya akan lebih dalam dan berkualitas jika dibandingkan dengan yang hanya asal kenal saja.
3. Hubungan Dengan Dosen
image.png
Hubungan dengan dosen pengajar | Photo by Pexels/ICSA
Dari sisi hubungan dengan dosen, di masing-masing jurusan baik ramai maupun sepi peminat, masih ada kelebihan yang bisa kita bandingkan satu sama lain. jika di jurusan ramai peminat ada mahasiswa yang begitu banyak, hubungan antara murid dan dosen mungkin hanya begitu-begitu saja. Bisa jadi dosen tidak mengenali kita kecuali kita menjadi seorang yang menonjol di mata dosen.
ADVERTISEMENT
Sedangkan di sisi jurusan sepi peminat, dosen akan mengingat dan hapal dengan nama kalian satu persatu karena jumlah murid yang sedikit. Dalam melakukan sesi tanya jawab pun kalian akan merasa lebih bebas dan terbuka kepada dosen kalian.
#terusberkarya
Jangan lupa follow Karja di Instagram (@karjaid) dan klik tombol 'IKUTI' di kumparan.com/karjaid untuk mendukung dan mengikuti konten menarik seputar entrepreneurship, kisah inspiratif, karya anak bangsa, dan isu sosial seputar milenial ya, Sobat!
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white