Bisnis
·
6 Maret 2020 10:22

Strategi Pemasaran ‘5P’ untuk Bisnis Rumahan

Konten ini diproduksi oleh Karja
Strategi Pemasaran ‘5P’ untuk Bisnis Rumahan (39535)
Terapkan strategi 5p berikut ini untuk bisnis rumahan yang dikelola | Photo by Pexels/Alexa Williams
Sobat entrepreneur yang mempelajari ilmu marketing pasti akan mengenal apa itu marketing mix yang biasa digunakan oleh para pebisnis. Marketing mix sendiri terdiri dari 5P yaitu product, price, place, promotion, dan people. Pada perkembangannya, kini marketing mix sudah meningkat menjadi 7P dengan ditambahnya dua komponen lainnya yakni physical evidence dan process.
ADVERTISEMENT
Kali ini, Karja akan membahas 5P untuk para pebisnis rumahan. Penggunaan 5P ini membuat seseorang menjadi lebih fokus dengan apa yang harus dilakukannya dalam marketing dan juga memberi petunjuk ketika ada sesuatu yang berjalan dengan tidak semestinya.
Berikut ini adalah 5P yang bisa kalian gunakan dalam bisnis rumahan yang kalian rintis:
1. Product
Strategi Pemasaran ‘5P’ untuk Bisnis Rumahan (39536)
Ilustrasi produk | Photo by Pexels/Kaboompics .com
5P yang pertama adalah produk. Kalian harus menentukan produk apa yang akan kalian jual. Dalam menentukan produk, kalian harus spesifik dan detail agar tidak bingung nantinya.
Selain itu, kalian juga harus menemukan hal apa yang bisa membuat produk kalian lebih unggul dibanding produk pesaing. Dengan begitu, kalian bisa menarik perhatian para calon pembeli dengan keunggulan-keunggulan produk yang dijual.
ADVERTISEMENT
2. Price
Strategi Pemasaran ‘5P’ untuk Bisnis Rumahan (39537)
Ilustrasi price tag | Photo by Pexels/Miguel Á. Padriñán
5P yang kedua adalah price alias harga. Namanya juga berbisnis; maka dalam menentukan harga kalian juga harus mengambil profit. Namun dalam mengambil profit, kalian harus mempertimbangkan dan memperhitungkan dengan baik.
Gunakan rasa kemanusiaan dan etika bisnis yang benar dalam menentukan harga. Jangan sampai kalian mematikan harga pasar atau mengambil kesempatan dalam kesempitan dengan melambungkan harga setinggi langit karena barang yang kalian jual langka.
3. Place
Strategi Pemasaran ‘5P’ untuk Bisnis Rumahan (39538)
Ilustrasi online shop | Photo by Pexels/Andrea Piacquadio
5P yang ketiga adalah place atau tempat. Kalian harus memikirkan dan menentukan di mana kalian akan menjual barang-barang yang telah ditentukan sebelumnya. Apakah di Instagram? Facebook? Atau media sosial online lainnya? Ataukah kalian akan mendirikan toko kecil di rumah?
Ingatlah bahwa dalam menentukan tempat berbisnis tentu tidak boleh sembarangan. Kalian harus menentukan tempat yang strategis jiika memutuskan untuk membuka toko. Selain itu, kalian juga harus memikirkan mengenai bagaimana barang tersebut akan dikirimkan. Apakah menggunakan ekspedisi ataukah ojek online dan sebagainya.
ADVERTISEMENT
4. Promotion
Strategi Pemasaran ‘5P’ untuk Bisnis Rumahan (39539)
Ilustrasi diskon | Photo by Pexels/Artem Beliaikin
5P yang keempat adalah promotion atau promosi. Tentukan metode apakah yang akan kalian gunakan untuk mempromosikan produk kalian agar konsumen bisa tertarik dan akhirnya membeli produk tersebut.
Biasanya untuk menarik perhatian konsumen, pebisnis akan memberikan promo seperti diskon, buy one get one dan sebagainya yang memancing orang untuk datang dan membeli produk.
5. People
Strategi Pemasaran ‘5P’ untuk Bisnis Rumahan (39540)
Ilustrasi karyawan | Photo by Pexels/Valeria Boltneva
5P yang terakhir adalah people atau orang. Kalian harus memikirkan siapa nantinya yang akan membantu kalian menjalankan bisnis. Apakah kalian akan menyewa tenaga orang lain atau menjadi solopreneur?
Dalam menentukan orang yang akan bekerja sama di dalam bisnis, kalian harus memilih orang tersebut dengan tepat dan benar. Jika kalian salah memilih orang, yang akan terjadi selanjutnya adalah konsumen kalian akan kabur dan tidak akan kembali lagi untuk membeli produk kalian.
ADVERTISEMENT
#terusberkarya
Jangan lupa follow Karja di Instagram (@karjaid) dan klik tombol 'IKUTI' di kumparan.com/karjaid untuk mendukung dan mengikuti konten menarik seputar entrepreneurship, kisah inspiratif, karya anak bangsa, dan isu sosial seputar milenial ya, Sobat!