kumparan
24 November 2019 7:11

Tertarik Jadi Podcaster? Ini Ada 4 Sumber Uangmu

image.png
Ilustrasi podcast | Photo by Austin Distel on Unsplash
Podcast sudah mulai masuk di Indonesia dan memiliki peluang yang besar karena masih banyak orang yang belum tertarik menjadi Podcaster. Padahal, Podcaster merupakan salah satu pekerjaan yang sudah umum di negara barat sana. Mulai dari hanya sekedar ingin membagikan tips-tips melalui Podcast-nya, sampai yang memang menggunakan Podcast sebagai salah satu sarana promosi.
ADVERTISEMENT
Menjadi Podcaster, kamu hanya perlu bermodalkan mikrofon untuk rekaman yang bagus serta kemampuan editing. Tentunya kamu juga harus pandai berbicara memaparkan topikmu. Kalau kamu bingung, darimana sih dapat uangnya? Ini ada 4 sumber seorang Podcaster mendapatkan uang.
  1. Dari Menjual Produk
image.png
Ilustrasi menjual produk | Photo by Korie Cull
Ya, salah satu cara dasar untuk mendapatkan uang adalah dengan menjual produk. Bedanya, sebagai Podcaster produk yang kamu jual harus berhubungan dengan isi Podcastmu secara keseluruhan. Misalnya saja topik utama dari Podcastmu adalah mengenai ketenangan diri, mencapai kedamaian batin, dan semacamnya.
Kamu bisa menjual produk seperti wangi-wangian aromatherapy yang memang berfungsi menenangkan pikiran. Selain memberi tips dan solusi lewat Podcast, kamu langsung menyuguhkan benda untuk menyelesaikan masalah dari pendengarmu.
ADVERTISEMENT
  1. Lewat Penjualan Buku dan Audiobooks
image.png
Ilustrasi audiobooks | Photo by Andrew McQuaid on Unsplash
Kamu bisa mengembangkan Podcastmu sehingga isinya sangat berbobot dan menarik sehingga bisa dijual. Tidak hanya buku yang dijual secara online sekarang. Sudah ada yang namanya audiobooks.
Selain dalam bentuk audiobooks, kamu juga bisa membuatnya dalam bentuk buku fisik ataupun online. Tips-tipsmu akan semakin tersebar kepada pembaca dan pendengar yang membutuhkannya
  1. Lewat Sponsorship dan Iklan
image.png
Ilustrasi sponsor | Photo by Chi Hang Leong on Unsplash
Salah satu sumber pemasukan terbesar seorang Podcaster adalah lewat sponsor dan iklan. Dengan isi Podcast yang berbobot dan pendengar yang tertarget, perusahaan-perusahaan akan mencari serta membutuhkanmu untuk beriklan di dalam Podcast milikmu. Penting dari awal untuk menentukan topik utama dari isi Podcastmu serta pendengar seperti apa yang ingin kamu jangkau.
ADVERTISEMENT
  1. Menjadi Pembicara dalam Kelas ataupun Acara
image.png
Ilustrasi narasumber | Photo by ICSA on Pexels
Sebagai seorang Podcaster, kamu harus fokus terhadap satu bidang. Dalam bidang itu nantinya kamu bisa membuka kelas baik online ataupun offline. Tidak menutup kemungkinan kamu bisa dipanggil untuk menjadi narasumber dalam acara-acara yang ada serta berhubungan dengan bidang keahlianmu.
Buatlah kelas itu sangat memiliki informasi yang lebih detail dan eksklusif dibanding Podcastmu yang bisa di akses dengan gratis oleh semua orang. Kalau peminatnya cukup banyak, kamu nantinya bisa mulai mengadakannya di berbagai kota. Menarik kan?
Bagaimana? Apakah ada dari sobat entrepreneurs yang gemar berbicara? Mulai latih kemampuan berbicaramu dari sekarang dan cobalah untuk merambah dunia Podcast. (Ribka Eleazar)
#terusberkarya
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan