kumparan
KONTEN PUBLISHER
14 November 2019 16:54

Tips Membuka Coworking Space, Bisnis Sewa Ruangan untuk Bekerja

image.png
Ilustrasi coworking space | Photo by Fox on Pexels
Hai sobat entrepreneurs! Pernah mencoba menyewa ruangan di sebuah co-working space? Bagi yang belum tahu, co-working space merupakan suatu ruangan terbuka yang disewakan untuk orang yang ingin memakainya. Ada yang disewakan per jam, per hari atau bahkan bulanan.
ADVERTISEMENT
Jenis ruangan yang disewakan pun berbeda-beda. Mulai dari open space office dimana satu ruangan ditempati oleh beberapa orang, sampai ruangan pribadi. Ruangan pribadi ini biasanya ditujukan bagi mereka yang memang membutuhkan ruang bekerja dan seringkali disewakan dalam bentuk bulanan.
Di Indonesia, co-working space baru saja menjamur tahun-tahun terakhir ini. Di beberapa kota pun, co-working space belum terlalu banyak atau bahkan belum ada.
Nah, ini adalah sebuah peluang usaha baru. Buat kalian yang berminat membuka co-working space, coba perhatikan beberapa tips berikut ya.
  1. Tentukan Target Pasarmu
image.png
Open space office untuk mahasiswa | Photo by Helena Lopes on Pexels
Kalian harus menentukan co-working space milikmu ini akan ditujukan untuk siapa. Jika untuk mahasiswa, berikan harga yang terjangkau dan tarif yang dihitung per-jam. Kalau targetmu adalah pemilik usaha, kalian bisa memilih gedung atau tempat yang akan kalian sewakan nantinya dengan banyak ruangan guna menjadikannya ruang kerja privat.
ADVERTISEMENT
  1. Pilih Lokasi yang Strategis dan Mempunyai Lahan Parkir yang Luas
image.png
Ilustrasi lahan parkir | Photo by Daria Shevtsova on Pexel
Lokasi yang strategis membuat co-working space mu menjadi pertimbangan utama orang-orang yang sedang mencari ruang bekerja. Selain itu, tempat parkir yang memadai juga sangat dibutuhkan karena pengunjung co-working space tidak akan cepat-cepat pergi dari ruang kerjanya jika sudah asyik bekerja.
  1. Berikan Beberapa Pilihan Tipe Ruangan
image.png
Bilik privat coworking space | Photo by Tim Gouw on Pexels
Setiap pemilik usaha yang sedang mencari ruangan pasti memiliki budget-nya masing-masing. Ada yang berencana untuk dipakai sendiri ataupun ada yang ingin memakainya dengan tim. Kalian harus memberikan beberapa pilihan ruangan bagi mereka agar bisa bebas memilih sesuai kebutuhan.
  1. Tentukan Fasilitas yang Ingin Kalian Berikan Untuk Penyewa
image.png
Ilustrasi kopi | Photo by Pixabay on Pexels
Kalian bisa memberikan fasilitas seperti air galon dan wifi gratis. Layanan simpel seperti ini bisa menarik perhatian calon penyewa. Kalian juga bisa menyediakan beberapa makanan kecil atau mungkin kopi yang dijual terpisah untuk penyewa yang kelaparan. Intinya, buat mereka betah untuk bekerja.
ADVERTISEMENT
  1. Jangan Lupa Untuk Membuat Perjanjian Sewa-Menyewa Ruangan Yang Jelas
image.png
Ilustrasi coworking space | Photo by CoWomen on Pexels
Terakhir, jangan lupa untuk menaruh semua perjanjian sewa-menyewa yang jelas saat penandatangan kontrak sewa. Hal ini bisa merugikanmu jika penyewa tanpa sengaja mengotori tembok atau merusak fasilitas yang ada seperti kursi dan meja kerja, maka kalian yang harus membayar biaya perbaikan dan renovasi jika dari awal tidak diperjelas.
Nah, di kotamu sudah ada co-working space belum? Banyak lho entrepreneurs yang membutuhkan ruang kerja selain di rumah. Mungkin ini bisa jadi salah satu ide buat sobat yang lagi mencari ide usaha. Selamat berkarya dan berusaha! (Ribka Eleazar)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan