Pencarian populer

Catatan Laga Kandang Arsenal di Premier League kala Menjamu Everton

Arsenal Vs. Everton di Emirates Stadium musim 2017/2018 (Foto: Victoria Jones/PA Wire)
ADVERTISEMENT
Hari Minggu (23/9/2018), Arsenal akan menjamu tim dari Merseyside, Everton. Ini merupakan matchday ke-6 di Premier League musim 2018/2019. Dari lima pertandingan pertama yang dijalani sebelum jeda internasional, Arsenal memiliki catatan rekor yang lebih baik, dibandingkan Everton.
Arsenal mengoleksi tiga kali kemenangan dan dua kekalahan, mengumpulkan total 9 poin dan bertengger di urutan ke-7 sebelum jeda internasional. Everton hanya sanggup mengoleksi 6 poin hasil dari satu kali menang, tiga kali seri, dan sekali kalah yang membuat mereka harus puas berada di urutan ke-10 klasemen. Kesamaan kedua tim ini adalah sama-sama tidak mampu menjaga keperawanan gawangnya dari lima laga musim 2018/2019 yang telah dijalani tersebut.
Pertandingan Minggu nanti akan berlangsung di Emirates Stadium, markas Arsenal. Sejarah juga berpihak pada Arsenal jika laga dimainkan di kandang mereka. Berikut ini adalah beberapa catatan menarik laga Premier League (hanya era Premier League) Arsenal Vs. Everton jika pertandingan dihelat di kandang Arsenal.
ADVERTISEMENT
1. Laga dengan Jumlah Penonton Terbanyak
Nicklas Bendtner berselebrasi bersama Armand Traore (Foto: Reuters)
Pertemuan antara Arsenal melawan Everton di Emirates Stadium pada musim 2007/2008 mencatatkan rekor jumlah penonton terbanyak kala pertandingan dihelat di markas Arsenal. Tercatat ada 60.123 penonton hadir dalam laga yang dimenangkan oleh Arsenal tersebut. The Gunners--julukan Arsenal--menang 1-0 berkat gol sundulan Nicklas Bendtner memanfaatkan umpan lambung dari Armand Traore di menit ke-77. Pertandingan tersebut terjadi di pekan ke-37 dan cukup untuk membantu Arsenal mengukuhkan posisi di urutan ke-3 klasemen akhir musim.
Lalu bagaimana rekor kehadiran penonton ketika laga masih dimainkan di Highbury? Rekor kehadiran terbanyak adalah pada musim 1995/1996, di mana sebanyak 38.275 penonton hadir untuk menyaksikan tim asuhan Bruce Rioch dipermalukan di kandangnya sendiri. Arsenal yang unggul lebih dulu lewat gol Ian Wright menit ke-38, harus mengakhiri laga dengan kepala tertunduk setelah Graham Stuart dan Andrey Kanchelskis, masing-masing di menit ke-50 dan ke-83, mampu membalikkan keadaan, dan berbuah kemenangan 1-2 untuk The Toffees--julukan Everton. Anak asuh Joe Royle pulang membawa tiga poin dari pekan ke-24.
ADVERTISEMENT
2. Rekor Positif Arsenal sejak Era Premier League
Selebrasi Aaron Ramsey setelah mencetak gol di laga kandang melawan Everton musim 2017/2018 (Foto: REUTERS/David Klein)
Ternyata, kekalahan Arsenal di kandang pada musim 1995/1996 sebagaimana yang telah ditulis di atas adalah satu-satunya kekalahan yang diderita Arsenal kala mereka menjamu Everton di era Premier League. Konsep kompetisi Premier League pertama kali dipraktekkan di sepak bola Inggris pada musim 1992/1993. Sejak pertama kali digulirkan hingga musim 2017/2018, Arsenal 20 kali menang, 5 kali seri, dan 1 kali kalah atas Everton jika laga dimainkan di kandang Arsenal.
3. Kemenangan Terbesar Arsenal di Era Premier League
Dennis Bergkamp, salah satu pencetak gol, kala Arsenal melumat Everton 7-0 (Foto: REUTERS/Eddie Keogh)
ADVERTISEMENT
Sebanyak 38.073 penonton menjadi saksi di Highbury kala Arsenal melumat Everton tujuh gol tanpa balas. Pertandingan tersebut berlangsung pada pekan ke-33 Premier League musim 2004/2005. Robin van Persie membuka keran gol Arsenal di menit ke-8, yang disusul oleh sundulan Robert Pires 3 menit kemudian. Sebelum jeda, pada menit ke-39, tendangan kaki kanan Patrick Vieira mengunci keunggulan tiga gol anak buah Arsene Wenger atas pasukan David Moyes pada babak pertama.
Robert Pires mencetak gol keduanya di menit ke-50, sehingga skor menjadi 4-0. Sudah jatuh tertimpa tangga, Everton mendapat hukuman penalti setelah Lee Carsley dinyatakan sengaja menyentuh bola tanpa tangan, sehingga memuluskan Edu Gaspar mencetak gol dari titik putih pada menit ke-70. Dua gol sisanya disumbangkan Dennis Bergkamp menit ke-75 dan Mathieu Flamini 10 menit kemudian.
Aaron Ramsey mencetak hattrick ke gawang Everton (Foto: David Klein/ REUTERS)
ADVERTISEMENT
Arsenal 7-0 Everton. Rekor kemenangan terbesar Arsenal di Era Premier League. Sementara itu, kemenangan terbesar di Emirates Stadium terjadi tepat musim lalu kala Arsenal mengalahkan Everton 5-1 lewat hattrick Aaron Ramsey yang dilengkapi oleh gol Laurent Koscielny dan Pierre-Emerick Aubameyang, dan hanya mampu dibalas oleh sebiji gol Dominic Calvert-Lewin. Theo Walcott dan kawan-kawan yang diasuh oleh Sam Allardyce harus pulang dengan tangan hampa pada pekan ke-26 Premier League.
4. Para Pencetak Gol Perdana
Tercatat, ada tiga pemain yang mencetak gol perdananya untuk klub di laga Arsenal Vs. Everton yang berlangsung di markas Arsenal. Pascal Cygan mencetak gol perdananya untuk Arsenal pada musim 2002/2003 kala ia berperan membantu timnya menumbangkan Everton 2-1 di Highbury. Lalu, ada juga nama Mathieu Flamini yang tadi dijelaskan mencetak gol terakhir saat Arsenal melumat Everton 7-0.
Aubameyang mencetak gol kontra Everton (Foto: Reuters/Tony O'Brien)
ADVERTISEMENT
Pierre-Emerick Aubameyang, yang menjalani debutnya bersama Arsenal melawan Everton, mencetak gol perdana untuk timnya di pertandingan yang berakhir 5-1 sebagaimana telah dituliskan di atas. Tendangan chip-nya sukses mengelabui Jordan Pickford, walau sebenarnya berbau offside. Tidak ada pemain Everton yang mencetak gol perdananya untuk klub kala bertandang ke Arsenal.
5. Top Skor Laga
Ian Wright, legenda Arsenal (Foto: Images for LFAP via Reuters/Peter Cziborra)
Dari 26 pertemuan di kandang Arsenal, tuan rumah total menjebol gawang Everton 62 kali, sedangkan Everton 20 kali mengoyak jala Arsenal. Ian Wright adalah pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah pertemuan Arsenal dan Everton di markas Arsenal pada Era Premier League. Lima gol ia lesakkan di Highbury. Di belakangnya ada nama Aaron Ramsey, Thierry Henry, dan Robin van Persie yang sama-sama mengoleksi empat gol.
ADVERTISEMENT
6. Rasio Kemenangan
Kiri-ke-kanan: Hector Bellerin, Granit Xhaka, Alexandre Lacazette (Foto: Reuters)
Hanya ada 5 klub yang sudah 26 kali dijamu Arsenal sejak era Premier League, yaitu Everton, Liverpool, Tottenham Hotspur, Chelsea, dan Manchester United. Dari kelima klub tersebut, rasio kemenangan terbesar Arsenal di kandang adalah melawan Everton, yakni sebesar 76,9%. Sementara itu, rasio kemenangan terendah Everton di laga tandang dalam 26 pertandingan Premier League melawan kelima tim tersebut adalah melawan Arsenal dan Chelsea, sama-sama hanya 3,8%.
Sepanjang era Premier League, Everton adalah tim yang paling sering dikalahkan Arsenal saat bermain kandang dengan catatan 20 kali kemenangan. Berkait kelindan dengan Everton yang memiliki rekor tandang terburuk kala bersua Arsenal. Sebanyak 20 kali kekalahan di kandang Arsenal adalah yang terbanyak jika dibandingkan dengan kekalahan di kandang tim lain, seperti Manchester United (19 kali), Tottenham Hotspur (16 kali), Chelsea (15 kali), bahkan Liverpool (12 kali).
ADVERTISEMENT
Itulah sekiranya beberapa catatan terkait laga Arsenal melawan Everton di era Premier League jika laga dimainkan di kandang Arsenal. Musim ini siapa yang akan berjaya di Emirates Stadium? Kita nantikan bersama.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80