Pencarian populer
Isi Liburan Sambil Menghafal Alquran di Pesantren Daarul Qur'an
Saat banyak yang mengisi liburan dengan pulang kampung atau pergi ke tempat wisata, bahkan telah mempersiapkan jadwal pelesiran jauh-jauh hari bersama-sama keluarga. Yandra (15) mengawali liburan tengah semester ini dengan perjalanan delapan jam menggunakan kereta api dari Yogyakarta ke Jakarta, untuk selanjutnya ke Tangerang, tepatnya ke Pondok Pesantren Tahfizh Daarul Qur'an (Daqu), Ketapang, Tangerang, untuk mengikuti "Pesantren Holiday" yang digelar pada 24-27 Desember 2018.
Yandra, yang saat ini duduk di kelas 10 SMAN 4 Yogyakarta, mengaku tertarik dengan tawaran orang tuanya untuk mengikuti kegiatan rutin yang kerap diadakan oleh Daarul Qur'an ini. Meski sering ikut pesantren kilat, ia mengakui bahwa kegiatan tahfiz, memanah, dan berkuda menjadi daya tariknya.
"Saya penasaran untuk berkuda dan memanah, apalagi ini olahraga yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah saw," ujar Yandra.
Yandra tidak sendiri, adiknya, Arga (13) juga mengikuti kegiatan ini. Arga yang kini duduk di kelas 8 SMP Al-Irsyad, Cirebon, ini juga mengaku tidak sabar untuk belajar memanah dan berkuda dalam acara ini, selain ia juga ingin mengenal Daarul Qur'an lebih dekat.
"Sudah sering dengar nama Daqu dan Ustaz Yusuf Mansur, jadi sekalian pengen lihat pondoknya dari dekat," ujar Arga.
Hari pertama kegiatan, Yandra mengaku langsung terkesan dengan konsep Pesantren Holiday ini. Menurutnya, ia jadi paham bagaimana hidup di pesantren. Pengalaman bangun jam 3 pagi untuk melaksanakan salat tahajud, dilanjutkan dengan membaca Alquran dan salat subuh baginya sangat menantang.
"Sempat pusing sih, karena biasanya bangun pas azan subuh, ternyata seru juga bangun lebih pagi, lebih segar aja setelahnya," ujar Yandra.
Lain lagi dengan Rofi (7) yang baru duduk di kelas 2 SDIT Al-Manar, Kalimantan Tengah. Ia bersama kakaknya diboyong langsung oleh orang tuanya ke Tangerang untuk mengikui kegiatan ini. Banyak kawan baru dan suasana pondok yang nyaman membuat Rofi kerasan. Ia pun kini tengah menghafalkan surat An-Naba bersama peserta lainnya.
"Enak. Ustaznya baik, makanannya juga lezat," ujar Rofi.
Ustaz Ahmad Jamil, Ketua Daarul Qur'an, dalam sambutannya mengatakan jangan menganggap enteng kegiatan Pesantren Holiday dan yang sejenisnya, meski hanya beberapa hari. Menurutnya, banyak hikmah dan pelajaran yang, InsyaAllah, akan didapatkan oleh para peserta sepulangnya dari kegiatan ini.
Ia juga menyampaikan, dalam kegiatan ini, nantinya para peserta akan belajar mandiri, disiplin, dan yang terpenting belajar bagaimana mencintai Alquran dengan cara membaca, menghafal, sekaligus mengamalkannya.
"Selamat bermandiri, selamat 24 jam bersama Alquran, semoga semuanya sepulang dari sini menjadi penghafal Alquran," ujarnya kepada para peserta.
Ustazah Hamidah, ketua panitia, mengatakan kali ini jumlah peserta untuk putra mencapai 150 orang dan putri sebanyak 100 peserta. Para peserta tidak hanya datang dari Tangerang dan sekitarnya, tetapi juga banyak peserta datang dari kota-kota besar di Indonesia, seperti Palembang, Balikpapan, Medan, Padang, Aceh, Maluku, Yogyakarta, dan lainnya.
Tidak hanya di Daarul Qur'an pusat, kegiatan ini juga berlangsung serentak di tiap-tiap cabang Daarul Qur'an.
Seluruh foto diambil oleh Thaariq, santri dari Daarul Qur'án.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: