• 8

USER STORY

Kenali Diri Kamu Lewat MBTI

Kenali Diri Kamu Lewat MBTI


Apa Kata MBTI

Yuk, coba MBTI (Foto: istimewa)
Buat kawula muda yang mungkin belum tahu, Myers-Birggs Type Indicator (MBTI) adalah psikotes yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam melihat dunia dan membuat keputusan. Tes ini (pada dasarnya) serupa dengan tes kepribadian lain ataupun teori klasifikasi sifat manusia lainnya. MBTI sendiri adalah salah satu tes psikologi yang paling populer di dunia saat ini
Mengklasifikasi sifat dasar manusia dalam 16 tipe kepribadian,tes ini dibuat oleh Katharine Briggs dan Isabel Briggs-Myers berdasar teori tipe psikologis yang dijelaskan oleh Carl Jung, seorang psikologis asal Swiss yang juga perintis psikologi analitik. Ke-16 tipe kepribadian ini sendiri adalah kombinasi dari pemusatan perhatian (Introvert (I) atau Ekstrovert (E)), pemahaman informasi dari luar (Sensing (S) atau Intuition (N)), penarikan kesimpulan (Thinking (T) atau Feeling (F)), dan pola hidup (Judging (J) atau Perceiving (P)).

Saat ini dikelola MBTI Foundations, tes ini dipakai oleh lebih dari 2,5 juta orang setiap tahun dan digunakan oleh 89% dari perusahaan yang tercatat pada Fortune 100. Namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mencoba tes ini.
Pertama yang perlu kamu pahami, tes ini bukanlah tes yang menunjukan diri kamu secara menyeluruh, tes ini hanya menunjukan preferensi (kecenderungan).
Kedua, tes yang banyak beredar di internet secara gratis juga hampir dapat dipastikan bukan tes resmi dari MBTI Foundations, sehingga tidak melalui pengujian alat test yang valid dan kredibel.
Ketiga, kawula muda juga harus berhati-hati terhadap Barnum Effect alias Forer effect (secara umum dijelaskan di wiki, tetapi jika kamu tidak puas dengan penjelasan di dalamnya silahkan googling sangat banyak penjelasan mengenai fenomena yang satu ini) yang umum terjadi dalam beragam klasifikasi kepribadian manusia. Secara singkat fenomena ini manipulasi psikologis di mana variabel yang umum dibuat seolah-olah berlaku secar khusus bagi seseorang.
Dengan segala keterbatasannya tes ini tetap menarik untuk kawula muda coba, bukan untuk mengelompokan dan membatasi diri dalam satu golongan, tetapi lebih untuk coba menyadari kecenderungan diri kamu dan bagaimana harus bersikap dengan orang lain di sekitar kamu.
Dewasa ini ada banyak sekali tes-tes macam ini yang dapat kamu coba gratis di internet. Coba saja kamu googling dan coba ikuti beberapa tesnya.
Jadi kawula muda apa jenis kepribadian kamu menurut MBTI? Kalau mimin sih sudah coba di tiga tes yang berbeda dan ketiganya sepakat pada INFP.

Contoh MBTI

INFP (Foto: personalityclub.com)




TriviaGaya Hidup

500

Baca Lainnya