Pencarian populer

Resep Bihun Tek Tek, Menu yang Bikin Kamu Rindu Kampung Halaman

Halo, bagaimana liburannya? Saya sekeluarga dua hari yang lalu baru saja kembali dari libur mudik ke Jawa Tengah. Rasanya senang sekali bisa bertemu keluarga besar, jalan-jalan, dan terutama wisata kuliner, dong!
ADVERTISEMENT
Di Jawa Tengah terutama Yogyakarta, kuliner bakmi Jawa menjadi favorit banyak orang. Keluarga besarku sendiri memang penggemar fanatik bakmi Jawa dan selalu berusaha mencari tempat bakmi Jawa terbaik (walaupun masaknya masih pakai tembikar sehingga antrenya super lama, tetap tak gentar untuk dijalani).
Mulai dari eyang sampai keponakan yang usianya paling kecil, sudah akrab dengan bakmi Jawa. Kuah kaldu yang hangat, kental, nyaman di perut dan lidah, serta tekstur mi yang beraneka ragam, menjadi favorit keluarga kami lintas generasi.
Kalau di Jakarta lagi kangen dengan bakmi Jawa bagaimana dong? Ya bikin! hehe.. Karena jujur di Jakarta sendiri belum banyak tempat yang menyuguhkan kuliner bakmi Jawa otentik seperti di Yogyakarta. Kunci dari bakmi Jawa ini yang penting adalah kaldunya. WAJIB untuk memakai kaldu ayam kampung. Makin lama direbus ayamnya, makin keluar minyak alami dari ayam kampungnya. Dan itulah yang membuatnya semakin enak!
ADVERTISEMENT
Kali ini saya ingin membuat bakmi Jawa tapi menggunakan bihun dari beras cokelat. Kebetulan kemarin jalan-jalan ke Supermarket dan menemukan bihun beras cokelat ini! Wow pilihan yang tepat buat yang senang jajan bakmi tapi ingin pilihan yang rendah gluten atau bebas gluten.
Video
Cara membuat:
  1. Bersihkan satu ekor ayam kampung dengan menggosok kulit luarnya dengan menggunakan garam dan cuka putih
  2. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air matang
  3. Rebus ayam bersama segenggam daun bawang dan bawang putih di api kecil selama 45 menit. Bumbui dengan merica dan garam
  4. Angkat ayam, lalu suwir kecil-kecil
  5. Lumatkan lima bawang putih, tiga siung bawang merah, tiga buah kemiri, dua sendok makan coconut oil
  6. Tumis bumbu lumat dengan coconut oil, tambahkan ari kaldu secara bertahap
  7. Masukkan topping sayuran (telur orak-arik, kol, tomat, daun bawang)
  8. Tambahkan dua sendok makan kecap manis. Garam dan merica secukupnya
  9. Rebus bihun beras cokelat. Sajikan dengan kuah dan suwiran ayam.
ADVERTISEMENT
Ada beberapa resep bakmi Jawa atau bihun Jawa yang juga menambahkan ebi ke dalam bumbu lumat, tapi aku pribadi sudah cukup senang dengan bumbu aromatik campuran kemiri, bawang putih, dan bawang merah. Bumbu ini setelah ditumis bisa disimpan di dalam lemari pendingin selama kira-kira lima hari. Bisa menjadi bumbu multifungsi juga kalau ingin masak mi goreng atau nasi goreng Jawa (tinggal tambahkan kecap).
Selamat mencoba!
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparanBantuanKetentuan dan Kebijakan PrivasiPanduan KomunitasPedoman Media SiberIklanKarir
2019 漏 PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86