Pencarian populer

Resep 'Super Berry Mousse', Kudapan Segar Pencinta 'Berry'

Kalau dipikir-pikir, saya sering sekali menuliskan kembali resep yang menyimpan kenangan tersendiri bagi saya, khususnya ketika saya kecil. Karena menurut saya, makanan--seperti halnya musik--bisa menjadi album kenangan yang kita bisa bawa sampai dewasa, bahkan ketika menua. Setuju?
ADVERTISEMENT
Dulu, waktu kecil, kalau disuruh memilih antara rasa cokelat dan stroberi, saya pasti memilih cokelat untuk dessert. Saya cinta sekali dengan rasa cokelat. Sampai pada suatu hari, semua itu berubah ketika saya menemukan dessert yang satu ini. Ada satu dessert yang membuat saya jatuh cinta dengan stroberi.
Dessert ini awalnya adalah produk rumahan di daerah Jakarta Selatan. Berupa mousse stroberi dan blueberry yang sangat terkenal pada masa itu. (Dan senangnya, mereka masih eksis sampai dengan hari ini). Isinya adalah layer lembut yang diselingi butiran biskuit yang terbuat dari remahan, cream, dan juga saus stroberi homemade.
Super berry mouse. foto: dok pribadi
Super berry mouse. foto: dok pribadi
Super berry mouse. foto: dok pribadi
Super berry mouse. foto: dok pribadi
Apa yang membuat saya jatuh cinta dengan dessert ini, adalah rasanya yang ringan dan tetap segar walau memakai krim sebagai bahan utamanya. Saya bisa makan dengan jumlah yang banyak tanpa merasa mual. Bentuknya juga tidak aneh-aneh, mudah dibuat, rasanya enak, jujur, dan khas rumahan.
ADVERTISEMENT
Ketika kuliah di luar Jakarta, saya sering merasa rindu dengan dessert yang satu ini dan sudah mulai coba-coba membuatnya. Kali ini, saya akan benar-benar menuliskan resepnya, sekaligus membuat video tutorialnya. Mudah sekali kok membuatnya. Yuk, dicoba!
Video
Resep Super Berry Mousse
Cara membuat:
  1. Hancurkan 300 gram biskuit (campuran Marie Regal dan Lady's Finger).
  2. Tambahkan 3 sendok makam unsalted butter. Sisihkan.
  3. Masukkan 100 mililiter air bersama 1,5 cup stroberi beku ke dalam panci. Nyalakan api kecil saja.
  4. Tambahkan gula pasir secukupnya dan 1/4 sendok teh bubuk jeli.
  5. Terakhir, tambahkan 1 cup stroberi segar yang telah dipotong-potong.
  6. Hancurkan 250 gram cream cheese, tambahkan vanilla paste secukupnya.
  7. Kocok hingga mengembang, kemudian campurkan 250 gram cooking cream ke adonan cream cheese tadi dengan cara seperti melipat.
  8. Sajikan di dalam gelas dengan mengatur layer-nya antara crumbs, saus stroberi, dan cream secara selang-seling.
  9. Diamkan di lemari pendingin selama kurang lebih satu jam. Sajikan.
ADVERTISEMENT
Memang mudah untuk langsung pesan dan order dessert yang serupa, namun pastinya akan lebih sehat dan menyenangkan ketika kita bisa membuat sendiri makanan ini. Salah satunya, tentu karena kita bisa memastikan sendiri ingredients yang dipakai benar-benar sehat dan alami. Membuatnya pun sangat mudah dan bisa dilakukan bersama si kecil, lho! Yuk kita coba buat di rumah!
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparanBantuanKetentuan dan Kebijakan PrivasiPanduan KomunitasPedoman Media SiberIklanKarir
2019 漏 PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81