kumparan
KONTEN PENGGUNA
30 November 2018 8:13

Sarden Sehat Akhir Bulan

Ada orang-orang yang tiap ketemu aku selalu bilang "duh males deh makan sehat, lagi bokek." Atau ada juga orang yang makan sehatnya seasonal. Makan sehatnya terlaksana hanya grand opening alias pada awal bulan. Awal bulan boleh makan salad dan smoked salmon, lalu akhir bulan ditutup dengan mi instan. NOOOOOOO. Alasannya selalu sama, ya karena makan sehat itu mahal. LHO padahal enggak selalu yang sehat itu mahal (dan sebaliknya lho).
ADVERTISEMENT
Sebaiknya, kita kembali lagi ke pengertian sehat yang maknanya bisa sangat luas dan berbeda buat setiap orang. Buatku makan sehat itu adalah makanan yang berbahan segar alami, bebas 4 P (pengawet, penyedap, pewarna, perasa). Tapi benarkah sehat harus mahal? Nah, kali ini aku mau share resep makan sehat yang bisa diwujudkan hanya dengan budget kurang dari Rp 25.000 untuk satu porsinya.
Sarden Sehat Akhir Bulan
  • Siapkan ikan makarel, beri perasan jeruk nipis dan garam, lalu goreng sampai matang
Saus Sarden:
  • 350 gram tomat
  • 3 buah cabai merah besar
  • 5 siung bawang putih
  • 1 ruas jahe
  • garam, kaldu jamur, coconut sugar secukupnya
ADVERTISEMENT
Cara Membuat:
  1. Rebus tomat sampai kulitnya mudah dikupas
  2. Haluskan tomat yang sudah dikupas kulitnya, 3 cabai merah besar, 5 siung bawang putih
  3. Tumis cincangan 2 siung bawang putih, masukkan jahe lalu tumis sampai harum
  4. Masukkan bumbu halus, aduk rata
  5. Tambahkan garam, kaldu jamur, dan coconut sugar sesuai selera
  6. Masukkan ikan makarel goreng, masak sampai bumbu meresap dan kuah mengental, sajikan
Video
Ketika kita dengar kata sarden, rasanya terlalu identik dengan makanan kalengan yang penuh pengawet dan enggak sehat. Padahal kalau kita bisa tilik lagi lebih dalam kandungan dari ikan makarel, ikan ini mengandung asam lemak dam omega 3 yang bermanfaat untuk pertumbuhan otak si kecil dan menurunkan kolesterol jahat dalam darah.
ADVERTISEMENT
Selain itu ikan makarel juga mengandung fosfor yang fungsinya untuk menguatkan tulang serta gigi kita. Wow, banyak ya khasiatnya? Dengan harga yang tidak mahal dan sangat mudah sekali didapatkan di pasar tradisional, kita sudah bisa mendapatkan manfaat sehatnya. Yuk buibu, coba buat resep ini untuk keluarga di rumah.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan