kumparan
25 Jun 2019 14:07 WIB

Keseruan Jakarnaval di Car Free Day

com-Jakarnaval di Car Free Day Foto: Dok. Kemenpar
Untuk mempromosikan perayaan ulang tahun Jakarta ke-492 melalui acara Jakarnaval 2019, ajang Pesona Jakarta hadir di Car Free Day (CFD), Jakarta. Promosi CFD Pesona Jakarta ini dikemas dalam berbagai sesi menarik yang berlangsung pada Minggu (23/6) di Park and Ride Thamrin 10.
ADVERTISEMENT
Acara diawali dengan senam Zumba pada pukul 06.00 WIB dilanjutkan pergelaran budaya, cerita mengenai sejarah, serta budaya Betawi melalui Talkshow. Selain itu, juga ada informasi mengenai lokasi-lokasi menarik untuk dikunjungi di Jakarta.
Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Management Calender of Event (CoE) Esthy Reko Astuti menjelaskan Kementerian Pariwisata mendukung Jakarnaval 2019 untuk memeriahkan hari jadi ibu kota negara, sekaligus mempromosikan wisata kota mengingat posisi Jakarta sebagai salah satu greater pintu masuk wisatawan terbesar ke Indonesia.
“Jakarta merupakan salah satu dari tiga greater selain Bali dan Kepulauan Riau. Di Jakarta sendiri ada beberapa event yang masuk ke 100 Calendar of Event, salah satunya Jakarnaval. Ini semua atraksi untuk mendukung pencapaian target 20 juta wisatawan mancanegara. Apalagi kontribusi Jakarta untuk memenuhi target wisman sendiri cukup besar,” ujar Esthy.
ADVERTISEMENT
Jakarta sebagai pintu kedua masuknya wisatawan mancanegara ke Indonesia, dinilai Esthy memiliki kelengkapan sebagai destinasi wisata. “Jakarta memiliki berbagai macam atraksi yang dicari wisatawan mulai dari alam, budaya, sejarah, hingga bahari, semua lengkap di sini,” kata Esthy.
Lebih jauh Esthy mengatakan Kemenpar sendiri telah membantu pendanaan tak kurang dari Rp 1 Milyar. "Kami sifatnya hanya suport, karena ini sebenarnya gawean pemda DKI," kata Esty.
Sementara itu Asdep Pemasaran Regional II Kemenpar, Adelia Raung mengatakan kegiatan Jakarnaval diharapkan mampu menyedot animo masyarakat dan wisatawan mancanegara serta bakal dihadiri para duta besar. "Kami berharap bisa banyak mendatangkan wisman dan tentunya perwakilan duta besar negara sahabat di Jakarta," kata Adelia Raung.
ADVERTISEMENT
Adelia juga mengatakan kegiatan yang sudah berlangsung baik dan konsisten, terlebih berskala besar dan sudah dikenal luas patut didukung penuh. Dalam hal ini dukungan Kemenpar diberikan dalam bentuk berbagai kegiatan bertema Jakarnaval 2019, promosi media, pemberitaan dan lain-lain.
Untuk melengkapi kemeriahan tersebut, Jakarnaval bakal diselenggarakan pada 30 Juni 2019, pukul 15.30 WIB dengan rute Balai Kota hingga Bundara HI.
Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Dinas Pariwisata DKI Jakarta Hari Wibowo menjelaskan tema Jakarnaval 2019 yakni “Wajah Baru Jakarta” dengan mempertimbangkan kondisi terbaru Jakarta yang sedang terus mengalami perubahan melalui berbagai pembangunan. “Maka, kami memilih rute Thamrin dan Sudirman untuk menunjukkan pembangunan baru di Jakarta mulai dari JPO di Dukuh atas hingga MRT.”
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut, Hari memaparkan kegiatan Jakarnaval 2019 akan dimeriahkan oleh marching band, parade orang berjalan, tari garapan kolosal, seniman, serta diikuti parade kendaraan hias. Tercatat hingga penutupan pendaftaran pada 21 Juni 2019, ada sekitar 30 kendaraan hias dari 5 wilayah serta 1 kabupaten dan 5000 peserta yang akan berpartisipasi dalam Jakarnaval 2019.
“Untuk Jakarnaval 2019, Pemerintah DKI Jakarta menganggarkan Rp3 milliar dari APBD. Selain itu juga ada bantuan dari berbagai pihak, salah satunya Kementerian Pariwisata yang memberikan dukungan sekitar Rp1 milliar,” kata Hari.
Salah satu influencer yang ikut berbagi panggung dalam acara Promosi Indonesia, Suci Rivani (Traveller Kaskus) mengapresiasi pelaksanaan Jakarnaval 2019 dalam memeriahkan ulang tahun Jakarta dan menarik wisatawan untuk datang berkunjung ke ibu kota.
ADVERTISEMENT
“Jakarnaval 2019 bisa menjadi atraksi yang menarik untuk orang-orang. Kita tahu Jakarta memiliki banyak tempat yang menarik untuk berwisata dan banyak pula orang yang mau berbagi mengenalkan tempat wisata ini. Jakarta semakin bagus sekarang, sudah banyak bangunan tua yang direnovasi tanpa merusak bentuk aslinya. Sekarang, yang perlu kita lakukan tinggal menjaga terutama kebersihannya,” ujar Suci.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·