kumparan
15 April 2019 12:01

Diangkut Mobil Bak Terbuka, 3 Kotak Suara di Bombana Rusak Kena Hujan

Tiga kota suara yang rusak, Foto: Istimewa
Tiga kotak suara di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra), ditemukan rusak parah akibat terkena hujan saat pendistribusian. Padahal, rencananya, tiga kotak suara tersebut akan didistribusikan ke tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabaena Timur, yakni TPS 06 Lambale, TPS 03 Tapahuka, dan TPS 04 Dongkala.
ADVERTISEMENT
Jenis kotak suara yang rusak adalah kotak suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, kotak suara untuk pemilihan anggota DPD RI, dan kotak suara untuk pemilihan anggota DPRD tingkat kabupaten.
Komisioner KPU Bombana, Abdi Mahatma, mengatakan bahwa mobil yang digunakan untuk mengirimkan kotak tersebut merupakan mobil bak terbuka. Akibatnya, saat hujan deras, petugas pun tak sempat menutupi boks belakang mobil.
"Jadi itu karena hujan. Hujan merembes saat kotak suara itu dibawa ke kecamatan," kata Abdi, yang dihubungi dari Kota Kendari, Senin (15/4).
Oleh karena tidak bisa digunakan lagi, pihak KPU Bombana pun secepatnya akan melakukan rapat koordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat untuk mencari solusi terkait permasalahan tersebut. 
ADVERTISEMENT
"Kemungkinan besar kita akan minta ganti secepatnya," terang Abdi.
---
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan