kumparan
News5 April 2020 17:47

Pasien Positif Corona di Sultra Bertambah 1 Orang

Konten Redaksi Kendarinesia
Screenshot_20200403-002002_kumparan.jpg
Ilusterasi corona. Foto: Dok.kumparan
Pasien terkonfirmasi positif Virus Corona atau COVID-19 di Provinsi Sulawesi Tengara (Sultra) bertambah lagi 1 orang. Sehingga, total kasus positif di Sultra menjadi 6 orang.
ADVERTISEMENT
"Hari ini ada 1 kasus baru terkonfirmasi positif (Corona) untuk wilayah Sultra," jelas Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Sultra, dr Rabiul Awal atau karib disapa dr Wayonk, Minggu (5/4).
dr Wayonk menjelaskan, 1 kasus positif baru tersebut adalah seorang laki - laki berusia 74 tahun asal Kota Kendari. Saat ini pasien tersebut sudah menjalani perawatan di ruang isolasi RS Bahteramas Kendari.
"Yang menjadi perhatian penting, pasien tersebut sudah usia lanjut, mudah mudahan kondisinya relatif stabil, sebab ada penyakit penyertanya," jelasnya.
Wayonk bilang, 1 pasien positif baru tersebut memiliki riwayat perjalanan berobat ke salah satu Rumah Sakit di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Pasien tiba di Kendari sekitar tanggal 21 - 22 Maret 2020.
20200319_204853.jpg
Gugus Tugas COVID-19 Sultra. Foto: Wiwid Abid Abadi/kendarinesia
"Dari data sementara, 1 kasus positif baru tersebut terpisah dari kluster 5 kasus konfirmasi positif sebelumnya," ujarnya.
ADVERTISEMENT
dr Wayonk merinci, hingga Minggu (5/4) sekitar pukul 17.00 WITA, total kasus konfirmasi positif corona di Sultra menjadi 6 orang.
Dengan rincian, 1 orang dinyatakan sembuh asal Kendari, 2 kasus lama yang terkonfirmasi positif sejak 19 Maret asal Kabupaten Konawe, 2 kasus terkonfirmasi positif sejak 3 April asal Kota Kendari, dan 1 kasus baru terkonfirmasi positif 5 April 2020 asal Kota Kendari.
Untuk kasus baru yang terkonfirmasi di bulan April, dr Wayonk menjelaskan metode pemeriksaannya menggunakan Rapid Test dan swab tenggorokan Real Time PCR.
"Tiga pasien yang paling terakhir terkonfirmasi positif itu diketahui melalui pemeriksaan Rapid Test yang menunjukkan hasil positif, lalu kami tindak lanjuti dengan pemeriksaan swab tenggorokan, dan hasilnya juga positif," pungkasnya.
ADVERTISEMENT
𝙅𝙖𝙣𝙜𝙖𝙣 𝙡𝙪𝙥𝙖 𝙛𝙤𝙡𝙡𝙤𝙬 𝙠𝙚𝙣𝙙𝙖𝙧𝙞𝙣𝙚𝙨𝙞𝙖 𝙙𝙞 𝙄𝙣𝙨𝙩𝙖𝙜𝙧𝙖𝙢 @𝙠𝙚𝙣𝙙𝙖𝙧𝙞𝙣𝙚𝙨𝙞𝙖 𝙙𝙖𝙣 𝙠𝙡𝙞𝙠 𝙩𝙤𝙢𝙗𝙤𝙡 '𝙄𝙆𝙐𝙏𝙄' 𝙪𝙣𝙩𝙪𝙠 𝙧𝙖𝙜𝙖𝙢 𝙞𝙣𝙛𝙤𝙧𝙢𝙖𝙨𝙞 𝙢𝙚𝙣𝙖𝙧𝙞𝙠 𝙡𝙖𝙞𝙣𝙣𝙮𝙖 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙩𝙚𝙧𝙟𝙖𝙙𝙞 𝙙𝙞 𝙎𝙪𝙡𝙖𝙬𝙚𝙨𝙞 𝙏𝙚𝙣𝙜𝙜𝙖𝙧𝙖.
***
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan