kumparan
search-gray
News1 Juli 2020 18:19

Update Corona di Sultra: Bertambah 42 Positif Corona, Kontak Erat Pasien Tambang

Konten Redaksi Kendarinesia
#dirumahajah.jpg
#dirumahaja. Foto: Ramayanto Zimani/kendarinesia.
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali mengumumkan update kasus Corona hari ini, Rabu (1/6).
ADVERTISEMENT
Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Sultra, dr Rabiul Awal mengatakan, terjadi penambahan kasus sebanyak 42 orang di Kabupaten Kolaka Utara.
Dokter Wayong mengatakan, 42 kasus baru ini merupakan kontak erat tiga pasien positf di Kolut sebelumnya. Ketiganya merupakan pekerja tambang di Kecamatan Batu Putih.
"Jadi empat puluh dua kasus ini adalah hasil telusur atau kontak erat dari kasus yang tiga tadi," ujar dr Rabiul Awal.
Dokter Rabiul Awal tidak merinci empat puluh dua pasien konfirmasi positif tersebut. Dia menyebut, dari 42 kasus itu, didalamnya juga terdapat tenaga kesehatan.
"Ini juga menunjukan adanya penyebaran atau transmisi di rumah sakit karena sebagian atau beberapa diantara empat puluh dua orang ini adalah tenaga kesehatan di rumah sakit kita di Kolaka Utara," jelas Rabiul Awal.
ADVERTISEMENT
Perlu diketahui, awal mula adanya pekerja tambang di Kolut yang terinfeksi Corona terjadi pada tanggal 17 Juni lalu, yakni laki-laki 57 tahun asal Kecamatan Batu Putih.
Dalam sepekan, dua orang karyawan tambang kembali terkonfirmasi positif COVID-19. Keduanya merupakan rekan kerja dari pasien positif sebelumnya.
Dengan adanya tiga kasus tersebut, Gugus Tugas COVID-19 Kolut kemudian melakukan swab terhadap kurang lebih 50 orang pekerja tambang yang disinyalir sering berkontak erat dengan ketiga pasien yang dinyatakan positif.
Hasilnya hari ini keluar, dan diketahui sebanyak orang di Kolut positif COVID-19. Jubir GTC Kolut, dr Syarif Nur membeberkan bahwa karyawan yang positif COVID-19 itu merupakan karyawan tambang yang beroperasi di Kecamatan Batu Putih dan Kecamatan Tolala.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white