News
·
29 Mei 2021 13:04
·
waktu baca 2 menit

24 Imigran di Bintan Positif COVID-19

Konten ini diproduksi oleh kepripedia
24 Imigran di Bintan Positif COVID-19 (381290)
searchPerbesar
Ilustrasi corona. Foto: Shutterstock
Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan menyatakan 24 orang imigran yang ditampung di Bhadra Resort Km 25, Kecamatan Toapaya, Bintan terkonfirmasi positif COVID-19, Jumat (28/5).
ADVERTISEMENT
Kepala Dinkes Bintan, dr Gama AF Isnaeni, membenarkan adanya tambahan 24 imigran yang positif COVID-19. Namun mereka baru menjalani pemeriksaan Rapid Tes Antigen.
"Hasil Rapid Antigen mereka positif dan akan dilanjutkan ke pengecekan PCR. Jika Antigen-nya positif maka kemungkinan besar PCR-nya juga positif," ujar Gama.
Awalnya, kata Gama, pengurus imigran yang bertugas di International Organization for Migration (IOM) atau Organisasi Internasional untuk imigran yang positif COVID-19. Lalu dia ditetapkan sebagai pasien kasus ke 1.207 pada 20 Mei 2021.
Lalu lima hari setelahnya, didapati ada 14 imigran yang positif COVID-19 akibat tertular dari pengurus imigran tersebut. Sehari kemudian yaitu 26 Mei 2021 didapati ada 2 imigran lagi yang juga positif COVID-19.
ADVERTISEMENT
"Dan hari ini ada tambah 24 orang lagi. Jadi Klaster Imigran Bhadra Resort menjadi 41 orang termasuk petugas IOM yang pertama kali positif COVID-19," jelasnya.
Dengan adanya penambahan pasien positif pada klaster imigran, Gama meminta pihak pengelola untuk memperketat pengawasan. Jangan ada lagi imigran yang bebas keluar dari tempat penampungan.
Dia juga menilai Bhadra Resort sebagai tempat yang tepat. Baik untuk penampungan imigran sekaligus juga tempat yang representatif untuk isolasi bagi mereka. Karena tempat satu dengan lainnya saling terpisah atau berjarak.
"Mereka juga ditangani dengan baik oleh petugas dari lembagai IOM. Kita harapkan juga para imigran ini diawasi agar tidak keluar dari Bhadra Resort," ucapnya.