News
·
7 Juli 2019 16:29

300 Pesepeda dari Berbagai Negara Mengaspal di Dompak

Konten ini diproduksi oleh kepripedia
300 Pesepeda dari Berbagai Negara Mengaspal di Dompak (329629)
searchPerbesar
Gubernur Kepri saat melepas para pembalap sepeda
Tiga ratus pembalap sepeda dari berbagai negara menjajal aspal jalan di Pulau Dompak, Tanjungpinang, Minggu (7/7/2019) pagi.
ADVERTISEMENT
Para pembalap ini merupakan peserta lomba sepeda Iven Nad Road Champs yang diselenggarakan Event Organizer (EO) asal negara Singapura.
Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat melepas para atlet menyampaikan, selamat dan terimakasih kepada para peserta yang telah sampai ke Ibukota dan mau menjajal aspal Pulau Dompak.
Menurutnya, ivent seperti ini haruslah diperbanyak sebagai upaya menarik minat wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke Kepri.
"Terimakasih dan selamat berlomba untuk para pebalap," katanya saat melepas peserta di garis start di Gedung Daerah, Tanjungpinang.
Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kepri, Maifrizon mengatakan, para pembalap ini memulai lomba dari Gedung Daerah sebagi garis start. Lalu menuju Pulau Dompak dan mengelilingi Pulau Dompak sebanyak 10 kali atau 120 Kilo Meter (KM).
ADVERTISEMENT
"Finish-nya di bundaran utama Donpak. Kita hanya memfasilitasi mereka saja. Untuk teknis pertandingan dan sebagainya adalah menjadi tanggungjawab penyelenggara," jelas Maifrizon.
Ia mengungkapkan, iven ini terselenggara berkat kerjasama antara Pemprov Kepri melalui Dispora dengan EO yang telah berpengalaman menyelenggarakan iven-iven sepeda bertaraf internasional.
"Teknis pelaksanaanya mereka (EO) semua yang mengatur. Kami sifatnya hanya mendukung agar kegiatan ini berjalan sukses," ungkapnya.
Dukungan yang dimaksud, seperti menyiapkan tenda, pihak keamanan, konsumsi dan berbagai kebutuhan lainnya demi kelancaran acara tersebut.
Ia juga mengaku, sangat antusias atas terselenggaranya iven tersebut di Kepri. Momen ini merupakan ajang promosi daerah khususnya ibu kota Provinsi Kepri ke turis mancanegara.
"Di samping itu juga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke wilayah Kepri," imbuhnya.
ADVERTISEMENT
Maifrizon menambahkan, Pemprov Kepri saat ini tengah fokus ingin mengembangkan Pulau Dompak sebagai pusat olahraga (Sport Center). Tidak hanya sekelas nasional tetapi juga internasional.
Setelah iven ini, nantinya Pemprov Kepri melalui Dispora Kepri juga berencana akan menggelar kegiatan bersepeda pada malam hari di Pulau Dompak.
"Kita harus memanfaatkan setiap momentum yang ada untuk membantu mempromosikan pariwisata Provinsi Kepri. Apalagi penggiat-penggiat olahraga luar negeri sudah mulai tertarik," tutup Maifrizon.
Penulis : Umay
Editor : Wak JK