News
·
25 Mei 2021 17:19
·
waktu baca 1 menit

Alat PCR di RSUP Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang Rusak, Sampel Menumpuk di Batam

Konten ini diproduksi oleh kepripedia
Alat PCR di RSUP Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang Rusak, Sampel Menumpuk di Batam (347839)
searchPerbesar
RSUP Raja Ahmad Tabib di Tanjungpinang. Foto: Ismail/kepripedia.com
Alat tes polimerase chain reaction (PCR) di Rumah Sakit Umum Provinsi Raja Ahmad Tabib (RSUP-RAT) Tanjungpinang mengalami kerusakan. Kondisi ini mengakibatkan seluruh pemeriksaan sampel pasien terpaksa harus dilakukan di BTKLPP Batam.
ADVERTISEMENT
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri, Mohammad Bisri mengungkapkan untuk sementara saat ini pihaknya terpaksa menggunakan rapid antigen sebagai upaya melakukan skrining atau mendeteksi dini virus COVID-19 terhadap pasien.
"Sementara kita lakukan skrining menggunakan rapid antigen dahulu. Hasil Swab PCR untuk sebagai konfirmasinya," ungkapnya, Selasa (25/5).
Dijelaskan Bisri, saat ini alat uji sampel swab untuk mendeteksi virus COVID-19 di RSUP RAT sedang dalam proses perbaikan atau maintenance.
"Kita belum tahu, masih menunggu teknisi dari Jakarta. Jadi saat ini, belum dapat menerima pemeriksaan sampel COVID-19 dengan metode PCR sampai waktu yang tidak ditentukan," jelas Bisri.
Kembali dikatakan Bisri, rapid tes antigen ini digunakan hanya untuk kepentingan penelusuran kontak, yang disediakan pemerintah secara gratis kepada masyarakat di rumah sakit maupun di Puskesmas. Ia menekankan antigen hanya dapat dipergunakan untuk keperluan testing dan tracing.
ADVERTISEMENT
"Sedangkan untuk perjalanan transportasi, sebagaiman mana menjadi syarat. Juga bisa dilakukan dengan rapid tes antigen, namun secara mandiri," demikian Bisri.