News
·
31 Maret 2020 18:47

Bupati Bintan Kesal, TKA China Masih Masuk Saat Wabah Corona

Konten ini diproduksi oleh kepripedia
Bupati Bintan Kesal, TKA China Masih Masuk Saat Wabah Corona (152500)
Bupati Bintan Apri Sujadi bersama dengan Kapolres Bintan. Foto: Istimewa
Bupati Bintan Apri Sujadi tidak dapat memendam kekesalannya soal masih adanya Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok, China yang masuk ke Bintan disaat terpaan wabah corona.
ADVERTISEMENT
Ia bahkan mengaku, sangat kecewa kepada PT BAI yang masih memasukkan para TKA tersebut. Padahal, seharusnya perusahaan besar di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang itu dapat bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam memerangi COVID-19.
"Saya sudah minta Disnaker Bintan turun ke sana, meskipun kewenangan dan pengawasan masuknya TKA China ke PT BAI tidak di kita," ucapnya, Selasa (31/3).
Kendati urusan TKA in bukan menjadi kewenangan Kabupaten, lanjut Apri, namun dirinya merasa prihatin atas persolan tersebut. Oleh karena itu, ia meminta Pemprov Kepri melalui Disnaker dapat mengatasi masalah ini.
Atau bahkan, Apri dengan tegas meminta PT BAI melakukan isolasi TKA selama 14 hari di tempat.
"Kewenangan tidak ada di kita, namun dengan masuknya TKA ini tentunya menjadi perhatian khusus bagi kami, ditengah semangat kita untuk mengantisipasi merebaknya wabah virus corona baru atau covid-19 di daerah," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya beredar kabar mengenai adanya 39 orang warga negara China yang masuk ke pelabuhan Bulanglinggi Bintan. Para TKA tersebut diketahui kemudian baru saja datang dari Pelabuhan Feri Punggur, Batam.