News
·
3 Juni 2021 11:45
·
waktu baca 2 menit

GenPI Kepri Siap Berkolaborasi Bangkitkan Pariwisata

Konten ini diproduksi oleh kepripedia
GenPI Kepri Siap Berkolaborasi Bangkitkan Pariwisata (44531)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Foto: Istimewa
Komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) akan berdiskusi dengan Menteri, Sandiaga Uno dalam kegiatan “Nemuin Komunitas” (Netas), sebuah acara dialog dengan berbagai komunitas pariwisata dan ekonomi kreatif yang diinisiasi oleh Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
ADVERTISEMENT
Diskusi ini merupakan yang ketiga kalinya dan akan dilaksanakan kembali di salah satu resto yang ada di Yogyakarta, Jumat (4/6). Dalam perbincangan tersebut, Menparekraf mengajak komunitas sebagai salah satu unsur Pentahelix dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif untuk terus berkreasi, berinovasi, dan beradaptasi.
Ketua Umum GenPI Nasional Siti Chotijah menyambut baik ajakan menteri untuk berdiskusi tersebut. Jika berbicara Pentahelix, GenPI menjadi salah bagian dari 5 unsur yang dimaksud yaitu kekuatan komunitas.
Dengan berdiskusi peran komunitas akan lebih maksimal dalam membantu program pemerintah. Komunitas GenPI yang menjadi bagian dalam pariwisata sangat siap untuk berkolaborasi dengan Kemenparekraf dan seluruh stakeholder pariwisata. Terlebih untuk membangkitkan kembali pariwisata dan ekonomi kreatif pasca pandemi COVID-19.
ADVERTISEMENT
“Di situasi normal kita semua butuh berkolaborasi. Pada masa pandemi COVID-19 ini berarti kita harus bisa lebih bekerja sama dengan banyak pihak,” Ujar Siti Chotijah dalam rapat daring pengurus Genpinas, Rabu (2/6).
Perempuan yang akrab disapa Mbak Jhe itu mengatakan bahasa yang digunakan oleh komunitas diberbagai kanal media sosial biasanya lebih bisa diterima oleh para audience-nya. Apalagi GenPI adalah sebuah komunitas yang berkomitmen bergerak untuk narasi pariwisata yang positif. Dengan kode etiknya yang selalu dipegang teguh. Yaitu; “No Politik, No Hoax dan No SARA”.
“Di sinilah GenPI yang memiliki jaringan luas diberbagai daerah bisa berperan serta membantu berbagai program Kemenparekraf. Kita bisa membangun narasi yang kuat mengangkat suatu daya tarik destinasi wisata. Sehingga bisa memengaruhi calon wisatawan tersebut untuk datang,” Ujarnya.
ADVERTISEMENT
Jhe pun mengimbau seluruh anggota GenPI di daerah, GenPI provinsi dan GenPI kabupaten, untuk turut serta menyukseskan acara Netas pada hari Jumat 4 Juni mendatang.
Menanggapi hal tersebut, Ketua Harian GenPI Kepri, Aprizal sangat siap mensupport acara diskusi tersebut. Karena komunitas termasuk salah satu kekuatan untuk membantu bangkit kembali pariwisata lewat media sosial yang dapat mewartakan pesan-pesan positif. Sehingga bisa menggunakan seluruh energi positif untuk memutus mata rantai sebaran COVID-19 secara cepat.
“Mungkin untuk kegiatan begitu sangat berkurang. Kami yang memang bergeraknya di media sosial (online) untuk promosi pariwisata sangat berharap kegiatan secara offline dapat hadir kembali. Jadi, selain mempromosikan destinasi yang ada juga terus menggalakkan protokol kesehatan saat berwisata, itu salah satu bentuk kami membantu pemerintah dalam melawan wabah COVID-19 di Indonesia,” jelasnya.
ADVERTISEMENT