News
·
24 Agustus 2020 11:02

Gubernur Kepri Dukung Pembentukan Provinsi Khusus Natuna

Konten ini diproduksi oleh kepripedia
Gubernur Kepri Dukung Pembentukan Provinsi Khusus Natuna (329568)
searchPerbesar
Gubernur Kepri, Isdianto mengunjungi Natuna, Minggu (23/8). Foto: Istimewa.
Gubernur Kepulauan Riau, Isdianto, mendukung pembentukan Provinsi Khusus Natuna. Hal tersebut disampaikannya pada saat kunjungan kerja (kunker) di Kecamatan Midai, Kabupaten Natuna, Minggu (23/8) kemarin.
ADVERTISEMENT
Ia mengakui, awalnya sempat tak setuju terkait rencana pemekaran Natuna menjadi provinsi sendiri berpisah dengan Kepri. Namun, setelah melihat kondisi tujuh pulau terdepan di Natuna, ia membuka peluang untuk mendukung keinginan besar masyarakat Kabupaten Natuna menjadi Provinsi Khusus.
"Setelah melihat kondisi geografis tujuh pulau terdepan yang ada di Natuna ini. Wacana pembentukan Provinsi Khusus memang menjadi satu harapan besar," ujarnya.
Isdianto mengemukakan, untuk membangun Natuna membutuhkan anggaran yang besar. Jika hanya berharap pada APBD kabupaten dan dibantu dengan provinsi seperti saat ini, tentu saja tidak akan terlalu signifikan.
Maka dari itu, perlu pembentukan provinsi khusus untuk mempercepat arus pembangunan di daerah kepulauan tersebut.
"Yang jelas saya memberikan lampu hijau mendukung adanya Provinsi Khusus Natuna setelah melihat kondisi di lapangan, bukan ujuk-ujuk langsung mendukung," tambah Isdianto.
ADVERTISEMENT
Ditambahkan Isdianto, sebagai komitmen dukungannya atas pemekaran, dirinya bahkan bersedia memberikan rekomendasi pembentukan Provinsi Khusus Natuna. Namun terlepas daripada itu, keputusan akhir tentunya tetap berada di Pemerintah Pusat.
"Natuna memiliki potensi besar tentunya. Namun untuk pergerakan pembangunan lebih cepat, tentu butuh biaya yang mahal. Memang setiap tahun anggaran kita memberikan bantuan, namun dengan kemampuan yang terbatas," tutupnya.