Food & Travel
·
16 Februari 2021 12:47

Ini Dia 10 Top Calender of Event Kepri 2021 yang Patut Anda Saksikan!

Konten ini diproduksi oleh kepripedia
Ini Dia 10 Top Calender of Event Kepri 2021 yang Patut Anda Saksikan! (190159)
Event Bintan Marathon. Foto: Istimewa
Beragam event seru bakal digelar di tahun 2021. Ada 10 Top Event pada Calender of Events (CoE) yang diluncurkan Dinas Pariwisata Provinsi Kepri dari total 265 events, untuk menyemarakkan dunia pariwisata Kepulauan Riau.
ADVERTISEMENT
Peluncuran Calender of Events ini dilaksanakan di Mega Mall dalam Kegiatan yang bertajuk Pariwisata Kepri Bangkit beberapa waktu lalu. CoE yang masuk dalam kegiatan tahun 2021 tersebut sekaligus menyakinkan kepada wisatawan bahwa Kepri telah mempersiapkan diri untuk menerima para wisman dan wisnus.
Berikut Top 10 Tourism Event Kepri 2021 yang perlu Anda Saksikan di Tahun 2021 ini:
1. Tour de Bintan
Ini Dia 10 Top Calender of Event Kepri 2021 yang Patut Anda Saksikan! (190160)
Event Tour de Bintan. Foto: Istimewa
Tour de Bintan 2021 akan diselenggarakan pada bulan Maret, Event balap sepeda Tour de Bintan memiliki tantangan tersendiri dengan keuntungan dari pemandangan jalan dan perbukitan pulau Bintan. Perlombaan meliputi 273 km dalam 3 etape selama 2 hari di akhir minggu. Dan Time Trial sebagai pembuka seleksi klasifikasi memberikan dinamika perlombaan yang menarik. Tour de bintan saat ini telah menjadi salah satu kalender event UCI sebagai salah satu event Gran Fondo World Series dengan kualitas tebaik di dunia.
ADVERTISEMENT
2. Kepri Barongsai Festival
Ini Dia 10 Top Calender of Event Kepri 2021 yang Patut Anda Saksikan! (190161)
Event Barongsai. Foto: Reuters
Event Festival Barongsai, untuk menyemarakkan perayaan Imlek di Tahun 2021 akan digelar pada tanggal 26-28 Maret 2021 mendatang, Dinas Pariwisata Kepri berkolaborasi dengan Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) akan mempersembahkan atraksi Barongsai dengan mengusung nama “Kepri Barongsai Festival”. Event tersebut akan dihelat di salah satu Mall di Kota Batam.
3. Bintan Triathlon
Ini Dia 10 Top Calender of Event Kepri 2021 yang Patut Anda Saksikan! (190162)
Event Bintan Triathlon. Foto: Istimewa
Event ini hadir mengisi liburan akhir pekan yang menggembirakan berisikan tantangan atletik, renang, sepeda dan lari. Aktivitas dan persahabatan yang menyenangkan untuk semua anak-anak, remaja, pria dan wanita, profesional dan pemula. Inilah yang Bintan Triathlon hadirkan. Bintan Triathlon telah dilaksanakan 13 kalinya dengan jumlah peserta mencapai 1200 orang dan berasal dari 39 Negara.
4. Tradisional Dragoan Boat Race
Ini Dia 10 Top Calender of Event Kepri 2021 yang Patut Anda Saksikan! (190163)
Event Dragon Boat. Foto: Istimewa
Sempat tidak terlaksana di tahun 2020, Traditional Dragoan Boat Race akan dilaksanakan pada tanggal 14-23 Juni 2021 di pelantar 2 dan 3 Tanjungpinang mendatang. Event Dragon Boat ini diangkat dari sebuah tradisi masyarakat Tionghoa di Tanjungpinang yang sudah berlangsung sejak tahun 1950-an. Tradisi tersebut bernama, “Sembahyang Keselamatan Laut”. Oleh masyarakat Tionghoa, tradisi ini biasanya dilaksanakan pada setiap bulan 5, menurut perhitungan kalender China.
ADVERTISEMENT
5. Mandiri Bintan Marathon
Mandiri Bintan Marathon akan digelar pada tanggal 3 - 4 Juli 2021 mendatang. Event yang memadukan cabang olahraga lari dengan rute maraton yang indah dan menawarkan berbagai jarak untuk semua peserta yang turut memacu kecepatan larinya. Untuk kategori lari anak sejauh 1.2 km, lari menyenangkan dengan jarak 3 km, lari 10km, lari setengah maraton 21 km dan lari maraton penuh sejauh 42 km.
6. Iron Man 70.3 Bintan
Ini Dia 10 Top Calender of Event Kepri 2021 yang Patut Anda Saksikan! (190164)
Event Ironman 70.3. Foto: Istimewa
Seri kejuaraan triathlon internasional, Ironman 70.3 kembali hadir pada bulan Agustus ini di Bintan. Sebuah triathlon yang menggabungkan olahraga renang, sepeda, dan lari yang dilakukan sepanjang rute 70.3 mil atau 112,9 kilometer. Kejuaraan ini akan dimulai pada pagi hari, dibuka dengan berenang sejauh 1,9 kilometer yang mengambil posisi start di Plaza Lagoi. Selanjutnya, para atlet akan mengadu kecepatan dengan memacu sepeda sejauh 90 kilometer. Kekuatan dan stamina pun semakin diakhir perlombaan dengan berlari sejauh 21 kilometer.
ADVERTISEMENT
7. Festival Bahari Kepri
Menjadi salah satu event unggulan di Kepri, Festival Bahari Kepri akan menyemarakkan pariwisata Kepri. Event tahunan ini akan dilaksanakan pada tanggal 13 September 2021. Kegiatan ini merupakan event wisata yang mengangkat potensi pariwisata bahari maupun budaya di Provinsi Kepri. Berbagai persembahan pentas seni berupa tarian kolosal dan musik memeriahkan kegiatan tersebut. Pada tahun 2019, para turis mancanegara dan para yachter yang mengisi kegiatan Wonderful Sail to Indonesia, juga turut menghadiri.
8. Kepri Karnival
Ini Dia 10 Top Calender of Event Kepri 2021 yang Patut Anda Saksikan! (190165)
Event Kepri Carnival. Foto: Istimewa
Karnaval yang disebut sebagai Kepri Carnival ini sudah 4 tahun digelar. Kepri Carnival digelar sebagai rangkaian dari Festival Bahari Kepri 2021 pada 13 September ini, dengan start dan finish di halaman Gedung Daerah Tanjungpinang. Ratusan peserta yang berasal dari 7 kabupaten/kota di Kepri menyuguhkan penampilan dengan kostum-kostum dan karakter yang unik. Dengan tema-tema besar yang mengangkat betapa takjubnya budaya di Kepri dan Indonesia. Kepri Carnival membawa warna tersendiri dalam Festival Bahari Kepri nantinya.
ADVERTISEMENT
9. Batam Batik Fashion Week 2021
Ini Dia 10 Top Calender of Event Kepri 2021 yang Patut Anda Saksikan! (190166)
Event Batam Batik Fashion Week (BBFW). Foto: Istimewa
Batam Batik Fashion Week (BBFW) 2021, sebuah event memukau dengan menampilkan karya-karya terbaik dari desainer-desainer muda dengan mengusung tema-tema yang menarik tentang batik Batam. Kebanyakan motif yang ditonjolkan berwarna berani seperti merah, biru, hijau, orange, merah jambu, dengan ciri khasnya biota laut, salah satunya yang populer Batik Ikan Marlin. BBFW Tahun 2020 lalu, sukses dengan hasil pengrajin dan rancangan desainer yang memukau. Melihat dari pagelaran busana yang telah sukses tersebut, batik sangat cocok dikenakan semua kalangan, termasuk anak muda di Kepri.
10. Kenduri Seni Melayu
Ini Dia 10 Top Calender of Event Kepri 2021 yang Patut Anda Saksikan! (190167)
Event Kenduri Seni Melayu (KSM). Foto: Istimewa
Ini sebentuk festival yang menampilkan aneka kesenian dan kebudayaan Melayu, baik yang berasal dari Kepulauan Riau maupun Riau daratan (Provinsi Riau yang terletak di Pulau Sumatera). Kota Batam yang berada di Provinsi Kepulauan Riau menjadi lokasi bagi penyelenggaraan event yang berjuluk Kenduri Seni Melayu (KSM) ini. Pada bulan September mendatang, Kenduri Seni Melayu kembali mengadirkan pertunjukan seni Melayu yang tak kalah seru dari tahun-tahun sebelumnya.
ADVERTISEMENT