News
·
15 Maret 2021 10:17

Kepri Siap Terima Wisatawan Mancanegara Mulai Bulan Depan

Konten ini diproduksi oleh kepripedia
Kepri Siap Terima Wisatawan Mancanegara Mulai Bulan Depan (108463)
searchPerbesar
Wisatawan Mancanegara di Kepri. Foto: Ismail/kepripedia.com
Provinsi Kepulauan Riau kembali siap menerima wisatawan dari mancanegara mulai Apri 2021 mendatang.
ADVERTISEMENT
Kesiapan itu menjadi salah satu poin hasil dalam rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Kepri (Forkopimda) yang dipimpin oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, di Graha Kepri, Batam, Sabtu (13/3) lalu.
Menggairahkan kembali sektor pariwisata ini menjadi salah satu langkah pemulihan ekonomi di Kepri, akibat pandemi COVID-19.
Mengenai kesiapan tersebut, terdapat 2 lokasi wisata yang telah dipersiapkan menjadi poin masuknya wisman. Keduanya yakni Lagoi di Kabupaten Bintan dan Nongsa Point Marina di Kota Batam.
Dua kawasan ini dinilai sudah siap dengan protokol kesehatan yang ketat serta ketersediaan sarana dan prasarana pendukungnya.
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, memastikan bahwa pelaku pariwisata di Kepri khususnya dua kawasan tersebut termasuk elemen yang menjalani vaksin COVID-19.
ADVERTISEMENT
Dimana untuk tahap awal disediakan 2200 vial, yang diambilkan dari stok vaksin regular. Kekurangannya menunggu pengajuan ke pusat melalui kementerian kesehatan yang saat ini masih dalam proses.
"Pemberian vaksin nanti juga diprioritaskan pula kepada masyarakat di kawasan tersebut. Ini semua dalam upaya kembali reaktivasi sektor pariwisata," ujar Ansar dalam keterangan tertulis.
Lebih lanjut dijelaskannya, di Lagoi, Bintan, dari 15 hotel yang ada, baru 4 hotel yang akan buka. Kawasan ini juga sudah menyiapkan perangkat Swab PCR. Meski sudah tersedia, namun untuk pemeriksaan dinilai cukup menggunakan GeNose yang terbuktif efektif mendeteksi virus corona.
Saat ini, kata Ansar, ada delapan GeNose C19. Penggunaan GNose ini disambut baik mereka yang ingin berkunjung ke Kepri. Selain praktis, biayanya juga dinilai lebih terjangkau.
ADVERTISEMENT
“Secara umum mereka sangat siap. Mudah-mudahan langkah ini, menjadi awal yang baik mengembalikan Kepri sebagai daerah tujuan wisata. Sehingga perekonomian Kepri terus meningkat dan kembali mencapai pertumbuhan yang tinggi. Sementara kasus penyebaran COVID-19 bisa terus ditekan,” kata Ansar.
Ansar menambahkan, pihaknya juga terus berkomunikasi dengan Singapura. Termasuk mendapat dukungan dari pemerintah pusat, yang juga melakukan perbincangan secara goverment to goverment. Diperkirakan, mulai 21 April 2021 dua kawasan (Lagoi Bintan dan Marina Batam) siap menerima wisatawan mancanegara.
Selain fokus pemulihan ekonomi melalui reaktivasi sektor pariwisata, penegakan protokol kesehatan di tempat umum, juga menjadi perhatian serius.