kumparan
KONTEN PUBLISHER
4 Desember 2019 14:43

Musim Hujan, Warga Batam Dilanda Banjir

FB_IMG_1575430890168.jpg
Banjir di Kecamatan Sagulung Dapur 12 Kaveling Seroja. Foto : Rega/kepripedia.com
Senin (2/12) sore Kota Batam dilanda hujan deras serta petir. Akibatnya, beberapa wilayah terjadi banjir, salah satunya di Kecamatan Sagulung Dapur 12 Kaveling Seroja, air masuk hingga ke rumah warga.
ADVERTISEMENT
Kejadian ini sudah sering terjadi, persoalannya dikarenakan tersumbatnya drainase dan kurangnya perhatian dari pemerintah.
"Bila hujan datang tempat kami ini kerap banjir," kata Ape warga setempat kepada kepripedia Rabu (4/12).
Ia mengatakan, persoalan banjir itu sudah dibicarakan ke tingkat DPRD dan warga meminta agar bisa menambahkan drainase dan normalisasi. Warga khawatir jika dibiarkan berlarut akan berdampak buruk terutama bagi kesehatan.
"Ini yang kami khawatir jika berdampak buruk bagi kesehatan," ucapnya.
Untuk itu warga setempat meminta agar dicarikan solusi, dan berharap Pemko menambah drainase di kawasan tersebut.
Sekretaris Daerah Kota Batam Jefidin bersama Camat dan jajarannya juga turun langsung ke lokasi. Ia langsung mengambil tindakan dan melakukan pencegahan.
"Saat itu juga langsung kita kerahkan alat berat dan amphibi yang Pemko miliki melalui Dinas BM-SDA," katanya kepada kepripedia Rabu.
ADVERTISEMENT
Dia mengatakan perlebaran saluran pelintas (box culvert). Karena gorong-gorong yang ada terlalu kecil tak mampu menampung debit air sehingga air meluap masuk ke rumah penduduk.
"Ini perlu waktu karena membutuh biaya besar," sebutnya.
Ia juga mengingatkan kepada masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya. Jangan membuang sampah di parit. Karena, dapat menyumbat selokan.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan