News
·
29 April 2021 5:41

Pasien Kanker di Natuna Diterbangkan dengan Hercules TNI Menuju Batam

Konten ini diproduksi oleh kepripedia
Pasien Kanker di Natuna Diterbangkan dengan Hercules TNI Menuju Batam (345420)
searchPerbesar
Ilustrasi. dok.kumparan.com. Foto: Prajurit TNI AU yang megenakan pakaian alat pelindung diri (APD) memberi hormat saat pesawat C-130 Hercules di Lanud Halim Perdanakusuma, Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Aksi tanggap dan heroik TNI Angkatan Udara ini patut diberikan apresiasi, pasalnya, salah satu pasien pengidap kanker mendapat pertolongan dengan Pewasat Hercules yang sengaja diterbangkan dari Natuna menuju Kota Batam.
ADVERTISEMENT
Adalah Lui Eng (57), warga asal Kecamatan Serasan Kabupaten natuna ini diduga menderita kanker payudara, dan harus segera mendapat pertolongan dan perawatan medis.
Khawatir melihat kondisinya, pihak keluarga memutuskan untuk membawa Lui Eng berobat ke Ibukota Kabupaten menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Natuna. Terkendala fasilitas dan tenaga medis yang kurang lengkap, Liu harus segera dirujuk ke RSBP Kota Batam.
Komandan Lanud Hang Nadim Letkol Pnb, Iwan Setiawan kepada kepripedia menjelaskan bahwa tindakan tersebut merupakan bantuan cepat TNI AU.
"Pesawat Hercules A-1303 itu dari Skyadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh Malang, melakukan evakuasi ke Bandara Hang Nadim-Batam," ujarnya, Rabu (28/4).
Selain itu, personel pendukung operasi penerbangan (Dukopsbang) Lanud Hang Nadim dengan sigap dan cekatan melaksanakan proses evakuasi pasien dari pesawat Hercules menuju ke ambulan.
ADVERTISEMENT
Untuk diketahui, Kabupaten Natuna merupakan salah satu wilayah gugusan kepulauan terdepan di wilayah paling utara negara kesatuan Republik Indonesia.