News
·
25 Oktober 2020 18:37

Penumpang KM Sabuk Nusantara 83 Diminta Lapor ke Dinkes Setempat

Konten ini diproduksi oleh kepripedia
Penumpang KM Sabuk Nusantara 83 Diminta Lapor ke Dinkes Setempat (39833)
Ilustrasi KM Sabuk Nusantara 42 saat sandar di Pelabuhan Tanjung Mocco, Dompak. Foto: Ismail/kepripedia.com.
Seluruh penumpang KM Sabuk Nusantara 83 yang sempat berlayar dengan para ABK yang terkonfirmasi COVID-19 diminta melapor ke Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.
ADVERTISEMENT
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVId-19 Provinsi Kepri, Tjetjep Yudiana, mengatakan saat ini tim sedang melakukan tracing terhadap 80 penumpang yang sama-sama turun di Tanjungpinang.
"Karena, para penumpang ini berpotensi besar berkontak dengan para ABK yang positif," ujarnya saat ditemui di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Minggu (25/10).
Selain penumpang yang turun di Tanjungpinang, lanjut Tjetjep, pihaknya juga berkoordinasi dengan tim gugus tugas di kabupaten dan kota tempat KM Sabuk Nusantara 83 tersebut sempat bersandar. Guna menelusuri para penumpang dan memutus mata rantai penularan COVID-19 yang lebih banyak lagi.
"Makanya, kita juga memerlukan kerjasama masyarakat atau kesadaran penumpang yang sempat berangkat dengan kapal ini agar segera melapor. Karena, sampai sekarang kita juga belum tahu virus ini dapatnya darimana," imbaunya.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, sebanyak 22 ABK KM Sabuk Nusantara 83 dinyatakan positif COVID-19. Kapal tersebut tiba di Tanjungpinang pada Selasa (20/10) lalu dari Tambelan.
Berdasarkan riwayat perjalannya, salah satu kapal milil PT Pelni tersebut melayani rute keliling pulau mulai dari, Kuala Maras/Letung – Tarempa – Midai – Sedanau – Pulau Laut – Ranai – Subi – Serasan – Sintete – Tambelan – Tanjungpinang.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri, Mohammad Bisri, menyampaikan para ABK yang terkonfirmasi COVID-19 tersebut diketahui dari hasil test swab yang dilakukan pada Kamis (22/10) lalu di Kota Tanjungpinang.
Saat ini kondisi para ABK dalam keadaan stabil, dan sedang dikarantina sementara di Kapal Sanus 83 yang saat ini sandar di Pelabuhan Tanjung Mocco Dompak.
ADVERTISEMENT