News
·
20 Juni 2020 13:24

Polisi Amankan Benda-benda Kerajaan Negeri Sery Karimunan Mulia Bestari

Konten ini diproduksi oleh kepripedia
Polisi Amankan Benda-benda Kerajaan Negeri Sery Karimunan Mulia Bestari (340079)
searchPerbesar
Lokasi penemuan benda-benda kerajaan. Foto : Khairul S/Kepripedia.com
Sejumlah benda-benda kerajaan Negeri Sery Karimunan Mulia Bestari ditemukan di Aula Gedung Nasional Karimun, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, Jumat (20/6).
ADVERTISEMENT
Penemuan itu semula diketahui oleh seorang anak penjaga gedung, Didi Saputra (20). Ia kemudian memberitahukan perihal tersebut kepada sang ayah, Ahmad Daud.
Terlihat, benda-benda kuno tersebut diletakan di aula pintu masuk menuju gedung tersebut dan tertata sedemikian rupa. Menurut keterangan, benda tersebut telah dipasang sejak dua hari yang lalu.
"Kita tidak tau siapa yang memasang. Ini kata anak saya tadi sudah dua hari di pasang disini oleh seorang pria memakai baju lengkap dengan banyak simbol-simbol,"ujar Ahmad.
Adapun temuan benda-benda tersebut meliputi plakat (bertuliskan Soekarno), sertifikat, batu-batuan, dua buah tombak, kepingan logo matahari, selendang, kaleng kuno dengan simbol BBI, berkas sejarah kerajaan, beras kunyit (ditabur di jalan masuk gedung) dan bendera bertuliskan Bank Berlian Intan (BBI) yang sudah terpasang di tiang.
Polisi Amankan Benda-benda Kerajaan Negeri Sery Karimunan Mulia Bestari (340080)
searchPerbesar
Bendera BBI yang terpasang saat diturunkan petugas Satpol PP Karimun. Foto : Khairul S/Kepripedia.com
ADVERTISEMENT
"Yang tak enak ini kenapa dia memasang bendera ini, apa motif dia gitu kan,"jelasnya.
Belum diketahui pasti siapa yang memasang benda tersebut dan apa maksud dari hal tersebut. Namun, menurut pantauan, terdapat sebuah dokumen yang menunjukan akan adanya pelaksanaan sebuah acara.
Kegiatan tersebut tertulis adalah sebuah pameran dan pelelangan Aseet Pusaka Tanah Air Melayu Karimun, Amanah Azanah Hazanah yang di mulai 22 Juni 2020 sampai 22 Juli 2020 di Gedung Nasional dan Costal Area.
Berkas tersebut dilengkapi dengan stempel dan permohonan sery paduka baginda sultan muda Karimun bestary bernama Sunan Syah Lilatukadar Alhad kepada Pemda Karimun untuk membentuk panitia dalam pelelangan Karimun dunia itu.
Polisi Amankan Benda-benda Kerajaan Negeri Sery Karimunan Mulia Bestari (340081)
searchPerbesar
Sertifikat woold on the woold ditemukan di Aula Gedung Nasional Karimun. Foto : Khairul S/Kepripedia.com
"Saya yang bertanda tangan di bawah ini memohon bantuan kepada pihak Pemda Kab. Karimun di dalam segala kekurangan saya untuk melaksanakan pameran dan pelelangan terbuka Karimun Dunia pada tanggal 22 Juni 2020 sampai 22 Juli 2020.
ADVERTISEMENT
"Saya berharap Pemda Kab. Karimun membantu saya dalam pelaksanaan tersebut dengan membentuk panitia,"demikian kutipan dalam surat tersebut.
Kapolsek Balai Karimun AKP Budi Hartono langsung mendatangi lokasi di mana benda tersebut ditemukan, pihkanya kemudian langsung mengamankan benda-benda tersebut ke Mapolres Karimun guna penyelidikan lebih lanjut.
Polisi Amankan Benda-benda Kerajaan Negeri Sery Karimunan Mulia Bestari (340082)
searchPerbesar
Berkas surat permohonan kepada Pemda Karimun yang ditemukan di lokasi. Foto : Khairul S/Kepripedia.com