kumparan
KONTEN PUBLISHER
12 Mei 2019 9:50
IMG-20190512-WA0002.jpg
Petugas Kepolisian saat memeriksa sejumlah pedagang petasan di Karimun

Polisi Balai Karimun Amankan Puluhan Petasan Tanpa Izin

Puluhan Petasan tanpa izin diamankan Polsek Balai Karimun, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, dalam operasi cipta kondisi yang dilaksanakan dibeberapa kawasan di Karimun, Sabtu (11/5) malam.
ADVERTISEMENT
Petasan tanpa izin penjualan itu, disita dari lapak-lapak para pedagang yang berada di kawasan Kecamatan Karimun. Petasan tersebut diamankan, karena kuatir peredarannya dapat menimbulkan keresahan di tengah-tengah masyarakat.
"Kita mengamankan puluhan petasan dalam operasi cipta kondisi yang kita gelar. Adapun sasaran operasi ini adalah lapak pedagang petasan yang sengaja menjual tanpa izin,"ungkap Kapolsek Balai Karimun AKP Budi Hartono.
Budi mengatakan, ketentuan menjual bunga api atau petasan telah diatur dalam undang-undang. Secara aturan, petasan yang dapat diperjualbelikan yang memiliki ukuran kurang dari dua inchi dan kandungan misiunya kurang dari 20 gram.
"Distribusi resmi pasti memiliki izin dari Mabes, Polda dan Polres, selebihnya berarti ilegal dan kita amankan," katanya.
Untuk jenis petasan yang berukuran 2 - 8 Inchi dan mengandung misiu lebih dari 20 gram harus memiliki izin resmi dari Baintelkam Mabes Polri dengan rekomendasi Polda Kepri. Apabila tidak mengantongi izin, maka pihaknya akan mengambil tindakan tegas.
ADVERTISEMENT
"Di luar dari aturan itu kita lakukan penyitaan. Sedangkan untuk pedagang kita berikan arahan untuk tidak lagi menjual tidak sesuai aturan,"jelasnya.
Penulis : Khairul S
Editor : Wak JK
IMG-20190512-WA0001.jpg
Petugas Kepolisian saat memeriksa sejumlah pedagang petasan di Karimun
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan