kumparan
11 September 2019 13:38

Ratusan Buruh di Kepri Demo Kantor Gubernur

Ratusan buruh yang tergabung dalam sejumlah serikat pekerja melakukan aksi unjuk rasa di halaman kantor Gubernur Kepulauan Riau, Pulau Dompak, Rabu (11/9).
ADVERTISEMENT
Aksi unjuk rasa itu merupakan bentuk penolakan atas rencana Pemerintah merevisi undang-undang Ketenagakerjaan nomor 13 tahun 2003.
Salah satu pengunjuk rasa, Taufik dalam orasinya menyampaikan, rencana revisi UU Ketenagakerjaan tersebut sama sekali tidak memihak kepada para buruh.
Dimana, draft yang saat ini tengah disusun oleh pemerintah dan pengusaha itu sangat merugikan bagi kesejahtaeraan para pekerja.
"Revisi itu  akan menyengsarakan buruh," katanya.
Ia mengaku, pihaknya telah meneriman drat yang telah direvisi tersebut. Dimana dalam UU tersebut diusulkan item pesangon dikurangi untuk dikurangi. Lalu, menghilangkan tunjangan pensiun.
Kemudian, ada aturan yang memperpanjang soal PKWT (perjanjian kerja waktu tertentu) menjadi lima tahun.
"Ini jelas sangat merugikan kami para buruh," tegasnya.
Selain menolak revisi UU Ketenagakerjaan, para buruh juga meminta Pemerintah tidak merealisasikan rencana kenaikan tarif BPJS Kesehatan.
ADVERTISEMENT
"Kami berharap Bapak Plt. Gubernur dapat menyampaikan aspirasi kami kepada Pemerintah Pusat khususnya Presiden Joko Widodo," tukas Arif.
Penulis : Ismail
Editor : Wak JK
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan